web stats service from statcounter

Hot News


  • Rebutan Kemenangan Dua Tim Papan Bawah
    Rebutan Kemenangan Dua Tim Papan Bawah
    • 25 Agustus 2019 | 13:47:00 WIB

    DUA tim papan bawah bakal bentrok pada Pekan 16 Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Minggu (25/8/2019) mulai pukul 20.30 WIB.

Inspirasi


    Kecewa, Relawan Gurka Tarik Dukungan dari Emil
    pikiran-rakyat.com Iwan Suhermawan membacakan pernyataan resmi Gurka

    Kecewa, Relawan Gurka Tarik Dukungan dari Emil

    JuaraNews, Bandung - Gerakan untuk Ridwan Kamil (Gurka), salah satu organiasasi relawan pendukung Ridwan Kamil yang terpilih sebagai Gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 lalu, menyatakan mencabut dukungannya terhadap Emil.

    Dalam surat pernyataannya bernomor 001/SP/PRES/GURKA/VII/2019 tertanggal 17 Juli 2019, Gurka menyatakan keluar dari Barisan Kang Emil karena tugasnya sudah selesai yakni ikut memperjuangkan dan mengantarkan Emil ke Gedung Sate.

    Mantan Ketua Dewan Penasihat Gurka Iwan Suhermawan mengungkapkan, pencabutan dukungan tersebut dilakukan karena Emil dinilai sulit diajak komunikasi dan terlalu banyak pencitraan di media. Dengan penarikan dukungan ini, secara resmi organisasi relawan Gurka pun dibubarkan.

    Iwan mengungkapkan, pihaknya merasa sulit berkomunikasi dengan Emil terutama ketika mantan wali Kota Bandung itu resmi menjabat Gubernur Jabar periode 2018-2023. Kondisi ini cukup menyulitkan bagi relawan karena mereka terus ditagih warga terkait program-program pembangunan yang dijanjikan saat kampanye.

    Selama ini, kata Iwan, pihaknya berupaya menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut langsung kepada Emil. Namun, meski terus dicoba, orang nomor satu di Jabar itu tak juga mau menemui para pendukungnya tersebut.

    "Seperti ada benteng yang menghalangi. Ini berat buat relawan. Karena masyarakat terus menagih aspirasi," kata Iwan saat menggelar jumpa pers di Kota Bandung, Rabu (17/7/2019).

    Padahal, lanjut Iwan, selama ini pihaknya pun tidak menuntut sesuatu sehingga niatannya bertemu murni hanya untuk menyampaikan aspirasi warga.

    "Kami tidak ingin masuk TAP (Tim Akselerasi Pembangunan Jabar yang dibentuk Emil), tak ada di BUMD. Silakan lihat, apa pernah saya masuk Gedung Sate?" tandasnya.

    Karena itu, dia menyebut pembubaran dan penarikan dukungan Gurka ini dilakukan karena pihaknya tidak mampu menyampaikan aspirasi warga kepada Emil. "Silakan sampaikan langsung ke Kang Emil, atau Mr Arfi Rafnialdi (anggota TAP)," ucap Iwan.

    Selain itu, menurutnya cara ini dilakukan agar pihaknya bisa lebih leluasa dalam mengkritisi kepemimpinan Emil bersama wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum. "Agar kami bisa lebih leluasa, bisa mengkritisi dan mengawasi kinerja beliau. Kami punya tanggung jawab moral terhadap masyarakat," tandasnya.

    Pada kesempatan tersebut, Iwan bersama elemen Gurka mengkritisi kinerja Emil yang dianggap terlalu banyak pencitraan di media. Dia berpendapat, pada setahun pertama kepemimpinannya ini, terlalu banyak program-program yang diluncurkan. Program-program itu hanya ramai di pemberitaan sementara manfaatnya tidak dirasakan oleh banyak masyarakat.

    Sebagai contoh, dia menyebut banyak keluhan warga di program Jabar Quick Response yang belum teratasi Pemprov Jabar di bawah kendali Emil. Dari 60 ribuan keluhan di program tersebut, hanya 300 yang sudah ditangani jajaran birokrasi Pemprov Jabar. "Saya tahu dari ketua Jabar Quick Response. Dari 60 ribuan keluhan yang masuk, hanya 300 yang ditindaklanjuti," katanya.

    Jumlah ini, menurutnya sangat sedikit dibanding 45 juta warga Jabart. "Sudah setahun, kalau hanya 300, enggak perlu digembor-gemborkan gubernur. Itu cukup program tingkat kecamatan saja," pungkas Iwan. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Koperasi & UMKM Diminta Gandeng Generasi Muda
    Atalia: Cegah Hoaks dengan T-H-I-N-K
    Di Bekasi, Bunga Telang Disulap jadi Kerajinan
    Atalia Ajak Kader PKK Sukseskan Program Kampung KB
    Ini Dia Pemenang Piala Humas Jabar 2019

    Editorial