web stats service from statcounter

Hot News


  • Persib Bawa 22 Pemain hadapi Persebaya di Bali
    Persib Bawa 22 Pemain hadapi Persebaya di Bali
    • 15 Oktober 2019 | 18:38:00 WIB

    TIM Persib membawa 22 pemain ke Bali untuk melakoni laga tandang kontra Persebaya yang akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (18/10/2019).

Inspirasi


    Dekranasda Berkomitmen Kembangkan Kerajinan Jabar
    Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Praratya Kamil

    Dekranasda Berkomitmen Kembangkan Kerajinan Jabar

    JuaraNews, Bandung–Semua atau 27 kabupaten/kota Jawa Barat memiliki kekayaan dan ciri khas kerajinan masing-masing. Ini menjadi modal mumpuni untuk mewujudkan kerajinan Jabar yang berdaya saing dan memiliki nilai ekonomi tinggi di kancah internasional.

    Demikian disampaikan Ketua Umum Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya Kamil saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Belum lama ini.

    "Betapa beruntungnya kita menjadi orang Indonesia khususnya Jawa Barat, begitu banyak kriya yang bisa kita dapatkan di Tanah Parahyangan dari ujung barat ke ujung timur luar biasa penuh dengan keindahan alam dan kriya yang beragam," ujarnya.

    "Saya melihat masing-masing (kabupaten/kota) punya potensi yang saat ini hanya perlu digali, diminta, dan didata. Tugas kita semua dalam rumah Dekranasda di kabupaten/kota masing-masing untuk menjaga dan melestarikannya," tambah Atalia.

    Menurutnya, kerajinan tangan merupakan warisan nenek moyang para leluhur. Sehingga produk kebudayan ini harus terus dirawat dan dijaga eksistensi dan kualitas produknya, agar senantiasa menjadi warisan yang mampu memberikan penghidupan bagi seluruh warga Jawa Barat dan juga menjadi identitas kebanggan generasi penerus kelak.

    Dalam Rakerda yang bertema "Sinergitas Program Dekranasda se-Jawa Barat dalam Pengembangan Produk Kriya Berkualitas" ini, Atalia berharap setiap Kabupaten/Kota dapat memberikan aspirasi yang bisa mendorong dan mendongkrak produk kriya Jawa Barat agar mampu tumbuh dan berkembang.

    "Dalam Rakerda tahun ini yang diprioritaskan adalah sinergitas program. Banyak program-program yang perlu kita kerjasamakan. Dalam waktu dekat akan kita lakukan kegiatan-kegiatan yang bisa dikolaborasikan bersama, baik itu promosi dalam dan luar negeri, di toko-toko Dekranasda termasuk juga program pembinaan bagi pengrajin di tingkat kabupaten/kota," jelas Atalia.

    "Ke depan sinergitas program ini dapat kita lakukan bersama-sama untuk sebuah kegitan yang lebih terasa manfaatnya baik untuk pelaku usaha maupun masyarakat dan mendorong tourism," katanya.

    Senada dengan Atalia, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat yang juga Ketua Harian Dekranasda Jawa Barat Arifin Soedjayana menyatakan, pihaknya akan terus mendukung program Dekranasda Jawa Barat, baik yang sedang atau akan berlangsung nanti.

    Salah satunya dengan mengembangkan toko (store) Dekranasda yang saat ini dapat mendongkrak daya saing produk kerajinan Jawa Barat dan menciptakan produk-produk kriya dengan kearifan lokal bercita rasa internasional.

    "Visi misi Dekranasda Provinsi Jawa Barat kan sudah jelas, ingin mengambangkan kualitas SDM pengrajin di Jawa Barat agar inovatif melalui kolaborasi dengan lembaga-lembaga lain," ungkapnya.

    "Dengan ini kami akan terus berusaha mendukung program Dekranasda, salah satunya dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas store agar terus menjadi daya tarik wisatawan. Sehingga perekonomian Jawa Barat bisa lebih baik lagi," sambung Arifin.

    Dalam Rakerda tahun 2019 ini, diharapkan visi misi, tugas pokok masing-masing bidang, program kerja dan jadwal kegiatan tahun 2019 dan tahun-tahun mendatang, semua dapat dikolaborasikan dengan program kerja di Kota dan Kabupaten masing-masing, sehingga dapat membantu meningkatkan taraf perekonomian para UKM kerajinan dan produk kreatif lainnya di Jawa Barat melalui Dekranasda masing-masing wilayah.(*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    DPRD Jabar Tetapkan AKD Periode 2019-2024
    Wagub Prihatin Bupati Indramayu Terkena OTT
    Akselarasi Investasi untuk Stabilkan Ekonomi Jabar
    Jabar bakal Gelar West Java Investment Summit 2019
    Ineu : APK Pendidikan Tinggi di Jabar Masih Rendah

    Editorial