web stats service from statcounter
Lahan Pertanian di Jabar Tiap Tahun Menyusut 10%

Lahan Pertanian di Jabar Tiap Tahun Menyusut 10%

JuaraNews, Bandung-Pemerintah Jawa Barat terus  berkomitmen menjaga lahan persawahan di Jawa Barat satunya diperkuat dengan peraturan daerah (perda) sawah abadi.

Pasalnya lahan Lahan pertanian di Jawa Barat terus mengalami pengurangan sebanyak 10% setiap tahunnya, seiring dengan masifnya proyek pembangunan yang dilakukan di Jawa Barat.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, perda tersebut otomatis akan mendorong lahirnya sawah-sawah baru."Kami akan buat sawah-sawah baru," ujar Uu dalam peringatan Hari Krida Pertanian ke-47 di Lapangan Dadaha, Tasikmalaya, Selasa (17/06/2019).

Pihaknya pun mendorong agar daerah tingkat dua juga turut menerbitkan Perda Sawah Abadi agar pertanian tetap terjaga dan pembangunan pun terus berlanjut.

"Adanya perda sawah abadi yang sudah ada di tingkat provinsi saya juga mendorong di tingkat kabupaten kota membuat perda tersebut. Di beberapa kabupaten memang sudah melakukannya, alhamdulillah berhasil dan bekerja sama dengan TNI. Pencetakan sawah baru adalah solusinya," terang Wagub.

Selain itu, perda rencana tata ruang wilayah (RTRW) di pemkab dan pemkot, sebaiknya direvisi bila pembangunannya menggerus lahan persawahan. Kedua perda tersebut menurut Wagub, akan jadi benteng untuk menjaga swasembada pangan.

"Perda RTRW direvisi supaya orang yang akan membangun tidak di daerah sawah yang potensial. Jadi dua perda ini tolong diselesaikan yang sudah ada tolong dimaksimalkan," pungkasnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Dinas Pariwiswata & Kebudayaan Jabar Launching Calender Event 2020
Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Sikumis.com akan Jual Produk Agro
Azerbaijan Buka Potensi Kerja Sama Pariwisata dengan Jawa Barat
Wagub Jabar Apresiasi Kegiatan Al Mutaqqin Students Challenge
Atlet PORNAS XV KORPRI Raih Penghargaan

Editorial