web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    49,85 Juta Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Jabar
    net Emil saat launching West Java Calender of 2019

    49,85 Juta Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Jabar

    JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar menargetkan sebanyak 48 juta orang wisatawan Nusantara dan 1,85 juta wisatawan mancanegara mengunjungi Jabar selama tahun 2019.

    Salah satu upaya untuk mencapa target tersebut, Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispabud) Jabar meluncurkan Program West Java Calender of Event 2019.

    "Kalau target wisman kita 1,85 juta kemudian untuk wisatawan nusantaranya 48 juta di tahun 2019 ini. Nanti dikaitkan dengan adanya kalender event mudah-mudahan ini membawa dampak positif dan meningkatkan kunjungan wisata yang datang ke Provinsi Jabar," kata Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik saat launching West Java Calender of Event di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto Kota Bandung, Selasa (26/6/2019).

    Disparbud juga menargetkan kontribusi sektor pariwisata terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dari tahun 2019 hingga 2023 bisa mencapai Rp43,5 triliun.

    "Makanya dari sekarang kami gencar melakukan berbagai upaya untuk mencapai target-target tersebut dan peluncuran West Java Calender of Event 2019 hari ini adalah salah satu batu loncatan untuk mencapai target tersebut," kata Dedi.

    Dedi menjelaskan, total acara atau kegiatan yang dilaksanakan pada 2019, sebanyak 262 event yang terdiri dari event kebudayaan 85 acara, kuliner 23 event, olahraga 24 event, religi 6 event, seni 113 event, dan wisata 11 kegiatan.

    Dari angka tersebut, 35 event di antaranya diselenggarakan di Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan Depok. 14 event diselenggarakan di Purwakarta, Subang, Karawang, dan Bekasi. Sebanyak 66 even diselenggarakan di Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu. Sisanya sebanyak 147 even digelar di Bandung Raya dan Priangan Timur.

    Dedi mengatakan tahun ini ada 6 event di Jabar yang juga masuk dalam 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event 2019, yakni Asia Afrika Festival, Mizan Al Sufi, Pesona Budaya Garut, Ciletuh Geopark Festival, Tour de Linggarjati, dan Festival Budaya Cirebon.

    "Tahun ini adalah pertama kalinya West Java Calendar of Event diluncurkan. Sebagai upaya penguatan daya tarik wisata sebagai bagian dari upaya pencapaian target kinerja pariwisata Jabar," katanya.

    Dengan jumlah kegiatan yang digelar di Jabar, Dedi berharap bisa mendorong PDRB sektor pariwisata setiap tahun dan target hingga 2023 dapat meningkat 2 digit. "Serta sinergi Pentahelix bisa terjadi sehingga harapan ke depan, penyelenggaraan bisa lebih profesional," katanya.

    Pada kesempatan sama, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, dengan ramainya berbagai even di Jawa Barat, diharapkan bisa meningkatkan aktivitas pariwisata dan peningkatan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

    "Sebanyak 262 (agenda festival) itu setiap dua hari minimal ada satu atau dua festival, menandakan produktivitas karena festival itu kan hiburan ya. Sehingga, orang ingin menampilkan sisi budaya, sisi kreativitasnya," ungkap Emil.

    Menurut Emil, seharusnya ada ribuan festival yang akan digelar hingga akhir tahun ini. Namun, setelah melalui tahapan kurasi, dipilih ratusan festival saja berdasarkan skala profesional, pelibatan masyarakat, dan dampak ekonomi yang optimal.

    "Tanggapannya juga, citra positif. Itu akhirnya diseleksi, jatuhlah di sekitar 262 (agenda kegiatan)," jelas Emil.

    Emil menginginkan sektor pariwisata nantinya menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di Jabar. Sehingga, ia mendorong pekembangan pariwisata ini juga berdampak terhadap perekonomian warga sekitar.

    "Makanya kita ingin menerakan ekonomi Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya kita ingin mensejahterakan dulu warga sekitar, baru nanti melibatkan investor untuk pengembangan wisata selanjutnya," tutur dia. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pos Indonesia Bantah Sedang Alami Pailit
    Pemprov Komitmen Akselerasi Investasi di Jabar
    Perusahaan Prancis Tertarik Berinvestasi di Jabar
    Investor Luar Negeri Lirik Potensi Ekonomi Jabar
    Pemprov Tawarkan LRT di Forum Investasi London

    Editorial