web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    BIJB Kertajati Beroperasi Penuh Mulai 1 Juli
    bijb Landasan pacu BIJB Kertajati, Majalengka

    BIJB Kertajati Beroperasi Penuh Mulai 1 Juli

    JuaraNews, Bandung - PT Angkasa Pura (AP) II memastikan operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, beroperasi penuh mulai 1 Juli 2019.

    Semua layanan dan fasilitas penerbangan di bandara tersebut dipastikan akan berjalan sebagai mana mestinya.

    Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya siap melaksanakan operasional BIJB Kertajati pada awal Juli 2019 nanti. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menunjang perpindahan 13 rute dari 56 penebangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke BIJB di Kertajati, Kabupaten Majalengka.

    "Kertajati sudah sangat siap. Sistem operasi pendukung siap, gedung terminal siap, sisi udara dan runway 3.000 meter siap. Upron siap. 1 Juli insya Allah tidak ada kendala lagi. Semua sudah bisa berjalan," kata Awaluddin dalam diskusi 'Era Baru Industri Aviasi di Tanah Pasundan' di Hotel Grand Mercure, Jalan Setiabudhi Kota Bandung, Sabtu (23/6/2019).

    Saat ini, ujar dia, Air Nav juga telah mulai melakukan pemasangan instrumen landing di BIJB. Dia mematikan, perangkat yang akan memandu pesawat mendarat tersebut selesai sebelum 1 Juli nanti. Total ada 6 maskapai yang bakal melayani penerbangan domestik. Yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, Num Air, Lion Air, dan Trans Nusa.

    Pada prinsipnya, kata dia, pihaknya tidak akan melakukan uji coba lagi untuk proses take off dan landing di BIJB. AP II hanya perlu penyiapan ulang fasilitas yang ada, seperti infrastruktur, sistem operasi, dan human capital.

    "Seperti fasilitas launch dan lainnya harus beroperasi. Tak ada alasan. Kami juga harus hitung ulang SDM, karena dari operasi minimum sekarang secara bertahap operasi penuh," tandas dia.

    Sementara itu, Plt Dirut BIJB Muhamad Singgih mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya keputusan pemerintah mengatur rute penerbangan BIJB yang merupakan pengalihan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung.

    "Keputusan pemerintahan dalam penataan rute ini, diharapkan mempercepat proses perkembangan trafik dan sektor lainnya, seperti ekonomi, wisata, dan lainnya," jelas Singgih.

    Diketahui, pemerintah memutuskan memindah 13 rute atau 56 penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB per 1 Juli. Ke-13 rute tersebut adalah penerbangan menggunakan pesawat jet dan rute luar Jawa seperti Kalimantan, Sumatera, Bali. Sementara penerbangan internasional dan di dalam pulau Jawa masih dari Husein Sastranegara. Serta penebangan pesawat jenis propeler.

    12 Perusahaan Transportasi Siap Layani Rute BIJB
    Singgih mengatakan sebanyak 12 perusahaan transportasi siap melayani penumpang terkait pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke BIJB Kertajati.

    "Kami sudah sangat siap menyambut pemindahan penerbangan ini dan ada 12 perusahaan multimoda yang juga ikut dalam kontribusi penataan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati," kata Singgih.

    Jika ada peningkatan trafik penerbangan yang bagus pasca pemindahan tersebut maka tidak menutup kemungkinan tiga tahun yang akan datang setelah proses operasional ini BIJB Kertajati sudah bisa memberikan pendapatan asli daerah (PAD).

    "Kita proyeksikan tahun 2021 sudah memberi kontribusi meski masih dengan jumlah terbatas," kata dia. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Riset Kantar, GrabFood Pilihan Utama di ASEAN
    Hotel Horison Mengawali Pembangunan Kawasan Rebana
    Wagub Uu: Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Penting
    Industri Pasar Modal Syariah Harus Inklusif
    Sertifikasi Halal Penting untuk Menjamin Rasa Aman

    Editorial