web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Samsat Online Nasional Kini Mulai Berlaku di Jabar
    net Emil dan AKBP Herri seusai penandatanganan PKS

    Samsat Online Nasional Kini Mulai Berlaku di Jabar

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) pemberlakuan Samsat Online Nasional (Samolnas) bersama Korlantas Polri di Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Senin (24/6/2019).

    Dengan perjanjian tersebut, pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jabar wajib dilakukan secara online.

    "Kita mendukung program dari pusat ini, walaupun kita di Jabar juga sudah online melalui Samsat J'bret," kata Emil seusai penandatangan kerja sama Samolnas.

    Menurut Emil, Samolnas merupakan penyempurnaan dari Samsat J'bret atau Jawa Barat Ngabret. Lewat Samolnas, wajib pajak tidak harus ke kantor Samsat untuk melakukan pengesahan karena Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) akan dikirim langsung.

    "Ini adalah contoh bahwa kita beradaptasi dengan perkembangan zaman, yaitu teknologi pelayanan publik. Kita harus mengikuti kebiasaan masyarakat, yang penting kewajiban tertunaikan," ucapnya.

    Kasi Standarisasi STNK Subdit Dit Regident Korlantas Polri AKBP Herri Rio yang mewakili Korlantas menandatangani PKS, mengatakan bahwa saat ini baru 6 provinsi, termasuk Jabar, yang sudah efektif menerapkan Samolnas. Meski begitu, penandatanganan kerja sama sudah dilakukan di 34 provinsi.

    "Penandatanganan sudah 34 provinsi sejak April lalu, tapi yang sudah berjalan 5 daerah ditambah Jabar jadi 6," ucap Herri seusai penandatangan kerja sama Samolnas.

    Herri menargetkan, dalam 2 bulan ke depan, Samolnas, yang merupakan program dari Korlantas Mabes Polri, akan diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia. "Target 2 bulan lagi Samolnas berjalan di semua wilayah," katanya.

    Samolnas sendiri bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan mencerminkan pola Good Government Service. Samolnas juga merupakan implementasi inovasi pelayanan pembayaran PKB, SWDKLLJ, dan pengesahan STNK tahunan secara elektronik.

    "Samolnas berbasis self service dengan mengedepankan fungsi keamanan, integrasi dan otomatisasi," ucap Herri. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Dirjen PPR Gelar Sosialisasi Pengelolaan APBN
    Perubahan Nama BIJB,Wagub Ikut Kesepakatan Bersama
    Mahasiswa Bandung Demo Menolak Revisi UU KPK
    Pemprov Jabar Dorong Percepatan Tol Cisumdawu
    DPRD Jabar Usulkan Penambahan Pimpinan

    Editorial