Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Sengketa Pilpres di MK Diputuskan 27 Juni
    net Majelis Hakim MK menggelar sidang sengketa Pilpres

    Sengketa Pilpres di MK Diputuskan 27 Juni

    JuaraNews, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan mempercepat pembacaan putusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang diajukan kubu Calon Presiden-Wakil Presiden Prabowo Suabianto-Sandiaga Uno.

    Semula Majelis Hakim M menjadwalkan pembacaan putusan pada 28 Juni, namun atau dimajukan menjadi 27 Juni 2019.

    "Berdasarkan keputusan RPH (Rapat Permusyawaratan Hakim)hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," ujar juru bicara MK Fajar Laksono saat dikonfirmasi, Senin (24/6/2019).

    Majelis Hakim MK sendiri telah menggelar RPH, Senin (24/6/2019) untuk menentukan putusan. Dalam RPH dibahas pendapat hukum dari masing-masing hakim. Pemberitahuan kepada sejumlah pihak juga telah disampaikan baik bagi tim Prabowo-Sandiaga Uno, tim termohon KPU, pihak teekait Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dan Bawaslu.

    "Sesuai ketentuan minimal 3 hari sebelum pembacaan putusan sudah disampaikan pemberitahuan ke pihak-pihak," jelas Fajar.

    Sementara sidang sengketa yang digelar sejak 14 Juni lalu sudah selesai sejak Jumaat (21/6/2019) lalu. Sidang digelar dalam waktu sepekan dengan agenda pemeriksaan pendahuluan dan pemeriksaan saksi serta ahli dari para pihak. Sidang terakhir telah digelar pada 21 Juni lalu dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari tim Joko Widodo-Ma'ruf Amin selaku pihak terkait.

    Sesuai aturan dalam UU MK, sidang sengketa pilpres dibatasi dalam waktu 14 hari kerja. Majelis hakim MK kini tengah menjalani proses Rapat Permusyawaratan Hakim. Kemudian pada Jumat (28/6/2019) mendatang, bakal membacakan putusan.

    Prabowo-Sandi takkan Hadiri Sidang Putusan
    Sementara itu, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo dan Sandiaga tidak akan menghadiri sidang pembacaan putusan di MK, Jumat (28/6/2019) mendatang.

    "Kita sepenuhnya sudah kuasakan kepada kuasa hukum yang dipimpin oleh Mas Bambang Widjojanto," kata Dahnil di Media Center BPN Prabowo-Sandi, Jakarta, Senin (24/6/2019).

    Dahnil menjelaskan, ketidakhadiran Prabowo-Sandi dalam pembacaan putusan di MK bukan persoalan. Alasannya, karena permohonan bukan lagi milik Prabowo-Sandi, melainkan milik masyarakat.

    "Ini bukan hanya tuntutan beliau berdua, tapi ini tuntutan publik, tuntutan rakyat yang memang ingin ada pemilu yang jujur dan adil," tandas Dahnil.

    Dahnil mengatakan, Prabowo kemungkinan bakal menonton pembacaan putusan di kediamannya, antara di Hambalang Bogor atau Jalan Kertanegara, Jakarta. Dahnil yakin Prabowo sudah berada di Indonesia sebelum hari H, seusai berobat dan keperluan bisnis di Jerman. "Insya Allah kalau enggak Rabu (26/6/2019) ini, Selasa (25/6/2019) kembali," kata Dahnil. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Merdeka Belajar untuk Semangat dan Inspirasi Peningkatan Pendidikan
    Tingkatkan Ekonoi di Desa, DPM-Desa Jabar Optimalkan Dana Desa
    Gerakkan Ekonomi, BUMDes Jabar Produksi Hand Sanitizer
    Legislator Minta Pemprov Jabar Data UMKM Dengan Benar
    Sampaikan KUPA-PPAS Perubahan APBD Tahun 2020, Ridwan Kamil: Pemulihan Pascapandemi Covid-19 Jadi Pr
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads