blog counter
PT POS

Hot News


JN-TAM

Opini


    12 Rumah Hancur diterjang Longsor di Bandung Barat



    12 Rumah Hancur diterjang Longsor di Bandung Barat
    ilustrasi net

    JuaraNews, Bandung Barat - Intensitas hujan yang tinggi dalam sepekan terakhir mengakibatkan tebing setinggi 30 meter longsor dan menghantam 12 rumah di Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun sebanyak 12 kepala keluarga harus mengungsi karena rumah mereka sudah tidak bisa ditempati kembali.

    Peristiwa longsor ini tepatnya terjadi di Kompleks Asabri, Kampung Cinangsi RT 02/04, Desa Karang Tanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Longsor tebing setinggi 30 meter itu terjadi pada Kamis (2/4/2015) pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

    Saksi mata yang juga rumahnya menjadi korban longsor Nunung (53) mengatakan sebelum tebing itu longsor sejak Rabu (1/4/2015) dari siang hingga malam hujan terus turun. Bahkan sejak tengah malam hingga menjelang subuh hujan kembali turun dengan intensitas yang lebih besar.

    "Di sini hujan terus dalam seminggu terakhir, bahkan pada Rabu kemarin hujan tak berhenti," terangnya Kamis (2/4/2015).

    Dirinya mengaku kaget saat sebagian tanah di tebingbl yang tepat di belakang rumahnya mulai berjatuhan. Karena khawatir terjadi jatuhan tanah yang lebih besar, dia pun sudah menyelamatkan diri dulu ke luar dari rumah. "Benar saja tebing itu longsor dan merusak bagian rumah saya," sambungnya.

    Warga lain Dodi (45) mengaku sebagian warga sudah mendapatkan firasat jika tebing itu akan longsor. Karenanya seluruh penghuni rumah yang dekat dengan tebing sudah tidak ada yang berani diam di rumah apalagi hujan terus-terusan turun. "Warga sih sudah curiga kalau hujan pasti tebing itu rawan longsor dan ternyata benar," ucapnya. 

    Akinat longsor ini selain merusak 12 rumah juga mengancam 25 rumah lainnya yang berada tidak jauh dari tebing yang longsor tersebut sehingga harus diungsikan.

    Seperti diketahui wilayah Cililin, Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu daerah yang rawan terjadi longsor. Pergerakan tanah di wilayah ini termasuk zona merah atau memiliki kerentanan yang tinggi. Termasuk beberapa kecamatan lainnya yang berada di selatan Bandung Barat seperti Cipongkor, Rongga, Gununghalu, dan Sindangkerta. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dusun Stamplat Girang, Kampung Satlinmas Juara di Jawa Barat
    Sadis! Brigjen TNI Inisial NA Tembak Kucing Hingga Tewas
    Begini Cara Pemkot Bandung Dukung Kreativitas KPJ
    HUT ke-77 RI, Yana: Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat, Kota Bandung Segera Normal
    Pemkot Bandung Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat UMKM
    Berita Terdahulu

    Info Kota


    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads