web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Emil Puji Keberhasilan Operasi Ketupat Lodaya 2019
    net Emil bersama Kapolda Jabar & Pangdam III/Siliwangi

    Emil Puji Keberhasilan Operasi Ketupat Lodaya 2019

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menilai Operasi Ketupat Lodaya 2019 yang digelar sejak 29 Mei hingg 10 Juni 2019 berhasil menjaga, mengamankan, dan melayani masyarakat yang melakukan mudik serta merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah.

    Emil menilai, tahun ini Operasi Ketupat sangat lancar, baik saat mudik maupun arus balik.

    "Kecelakaan turun lebih dari 60 persen, korban juga turun 30 sekian persen. Ini menandakan, penurunan ini indikasi keberhasilan Polri-TNI dan masyarakat," kata Emil di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Kamis (13/6/2019).

    Karena itu, atas nama Pemprov Jabar dan mewakili masyarakat, Emil mengucapkan terima kasih atas prestasi tersebut. "Tolong dipertahankan di tahun depan. Mudah-mudahan lebih baik lagi seiring dengan selesainya pembangunan infrastruktur baru," ujar Emil.

    "Kepada para aparat (Polri-TNI), kita doakan semua sehat. Tadi kami lihat ada penghargaan. Ini menandakan Kapolda dan Pangdam tidak lupa mengapresiasi kepada mereka-mereka yang berjasa selama Operasi Ketupat Lodaya 2019 berlangsung," tutur dia.

    Image result for dalam Apel Konsolidasi Operasi Ketupat Lodaya 2019 dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU),  mapolda jabar

    Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono menyerahkan penghargaan kepada anggota Polri yang dinilai berjasa dalam Operasi Ketupat Lodaya 2019.

    8 Petugas Dapat Penghargaan
    Sebelumnya, dalam Apel Konsolidasi Operasi Ketupat Lodaya 2019 dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), sebanyak 8 petugas mendapatkan penghargaan dari Polda Jabar. Ke-8 petugas tersebut, terdiri atas 4 anggota Polri, 2 anggota TNI, dan 2 warga sipil.

    Mereka dinilai berjasa dalam menyukseskan Operasi Ketupat Lodaya 2019. Ke-8 penerima penghargaan tersebut, yakni Aipda Penpen Hanafiah (Polres Cimahi), Bripka Muhaimin (Sat Brimob Polda Jabar), Briptu Ahmad Krisna (Dit Reskrimum Polda Jabar), Bharaka Danang Santoso (Sat Brimob Polda Jabar), Serma TNI Walatdin Silalahi (Babinsa Kodim 0621 Kabupaten Bogor), Kopda TNI Rudi Nursidik (Koramil 1108 Garut), Ayi Mansyur (anggota Linmas Kota Bandung), dan Ece (anggota Linmas Kota Bandung).

    Penghargaan diberikan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono yang bertindak sebagai inspektur upacara.

    "Para penerima penghargaan ini dinilai aktif turut serta menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas selama 13 hari Operasi Ketupat Lodaya 2019 berlangsung," kata Tri.

    Angka Kecelakaan Turun
    Berdasarkan data Analisis dan Evaluasi (Anev) Operasi Ketupat Lodaya 2019 yang dirilis Polda Jabar pada Rabu (12/6/2019), terjadi penurunan angka kejahatan dalam perbandingan 13 hari sebelum dan 13 hari saat operasi berlangsung, 29 Mei-10 Juni 2019.

    Kecelakaan lalu lintas tahun ini berdasarkan data Anev Operasi Ketupat Lodaya 2019, turun 37%. Jumlah kecelakaan lalu lintas di Jabar tahun ini 62 kasus. Kecelakaan tersebut menyebabkan 42 orang meninggal dunia, 33 luka berat, dan 74 luka ringan. Kerugian material mencapai Rp299.850.000.

    Sebelumnya, Emil menyatakan bahwa angka kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran 2019 menurun. Hal tersebut karena langkah antisipatif yang diambil Pemprov Jabar dan pemerintah pusat efektif.

    “Secara statistik kecelakaan tahun lalu sekitar 1000-an, tahun ini hanya 400 orang. Yang meninggal dunia tahun lalu 227, sekarang sekisar 97. Jadi, sudah berkurang jauh,” kata Emil setelah menggelar rapat evaluasi arus mudik dan balik di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (10/6/2019).

    Menurut Emil, ada sedikit catatan yang mesti dibenahi untuk arus mudik dan balik tahun depan, yakni kepadatan di Priangan Timur. Maka itu, dia mengatakan bahwa proyek Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) bisa menjadi salah satu solusi.

    Saat ini, kata Emil, tengah dilakukan proses pelelangan investasi proyek tol Cigatas. Emil menambahkan, pihaknya akan berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat guna mengakselerasi setiap proses proyek tersebut.

    "Nah, ini evaluasi menandakan konsep one way berjalan dengan baik, konsep menutup rest area berjalan dengan baik, konsep melarang truk barang berlangsung dengan baik. Evaluasi yang agak kurang baik terjadi di jalur Priangan Timur,” ucapnya. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    8 Kabupaten/Kota di Jabar Sudah Siap Selenggarakan Pilkada 2020
    2020 UMK  Karawang Tertinggi di Jabar
    Pj. Sekda Jabar Lantik Pengurus BKOW Masa Bakti 2019-2024
    Jabar Raih Predikat Provinsi Informatif
    Terima Audiensi Buruh, Wagub: Pemprov Jabar Berusaha Berikan Keadilan

    Editorial


    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.