web stats service from statcounter

Hot News


  • Berburu Kemenangan di Laga Tandang
    Berburu Kemenangan di Laga Tandang
    • 18 Agustus 2019 | 12:17:00 WIB

    LAGA seru bakal terjadi di di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (18/8/2019) malam, saat PSM menjamu Persib pada pada Pekan 15 Liga 1 2019

Inspirasi


    Dewan Menyayangkan Pembatalan Haji dari BJIB
    Bandara BIJB Kertajati

    Dewan Menyayangkan Pembatalan Haji dari BJIB

    JuaraNews, Bandung-Pemberangkatan haji dari Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati batal di laksanakan, pembatalan tersehut terjadi karena pemerintah kurang persiapan.

    Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat, Dady Rohanady menyayangkan adanya pembatalan pemberangkatan haji dengan alasan proses administrasi. Padahal sebelumnya Pemerintah Jawa Barat sudah menetapkan beberapa koloter untuk di berangkat dari BIJB.

    "Pembatalan haji dari Jabar padahal sudah di tetapkan 17 keloter, Kenapa di batalkan? Kalau alasnya administrasi negara ini yang admistrasi yang tidak bisa di tempuh," ucapnya di Bandung, Jumat (14/6/2019).

    Menurutnya, Keberangkatan haji di BIJB sudah di bicarakan sejak jauh-jauh hari, bahkan sejak zaman Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

    "Kenapa harus di batalkan di ujung ini, wong sudah di jelaskan beberapa tahun lalu bakal ada haji di di Jawa Barat," katanya.

    Menindaklanjuti gagalnya rencana tersebut, Pempov Jabar menargetkan pada 2020 Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati) menjadi tempat pemberangkatan haji. Sedangkan untuk ibadah umrah, bisa memberangkatkan jemaah antara bulan Agustus sampai September 2019.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar membenarkan batalnya penerbangan haji dari Bandara Kertajati di Majalengka pada tahun ini. Alasannya, Kemenag RI menyatakan BIJB tidak dapat digunakan untuk keberangkatan haji tahun ini karena tak mungkin mengubah perjanjian bilateral antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi.

    Selain itu terlalu banyak instansi dalam negeri dan luar negeri yang perlu dilibatkan, sehingga pengurusannya tidak dapat dilakukan dalam tempo singkat.

    Iwa menjelaskan, agar target itu terealisasi, sebelumnya harus ada penetapan terlebih dahulu dari Kementerian Agama RI. Ia optimistis penetapannya bisa selesai di bulan ini.

    Berdasarkan rapat dengan Kemenag, Iwa mengatakan bahwa embarkasi haji semakin pasti akan dibangun di Kabupaten Indramayu. Menjadi pertimbangan utama karena Pemkab Indramayu telah memberikan hibah lahan seluas 8 hektare beserta sertifikatnya.

    "Sehingga atas dasar tersebut, maka Kementerian Agama menetapkan embarkasi haji adanya di Kabupaten Indramayu. Berada sekitar 40 kilometer dari Bandara Kertajati dengan jarak tempuh 30 menit," ungkapnya.

    Sebagai kelengkapan fasilitas di embarkasi di Indramayu, Pemprov Jabar diminta oleh Kemenag membangun masjid untuk jemaah. Permintaan khusus ini dikeluarkan karena Kemenag memiliki keterbatasan dana.

    "Hal ini segera diusulkan ke Gubernur dan DPRD, agar pembangunan masjid menjadi anggaran di APBD 2020," kata Iwa.

    Selain masjid, Kemenag juga meminta bantuan untuk dibangunkan pagar sepanjang kawasan embarkasi "Serta untuk pagar seluruh kawasan embarkasi haji direncanakan hibah dari Pemda Kabupaten Indramayu," pungkasnya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Atalia: Cegah Hoaks dengan T-H-I-N-K
    Di Bekasi, Bunga Telang Disulap jadi Kerajinan
    Atalia Ajak Kader PKK Sukseskan Program Kampung KB
    Ini Dia Pemenang Piala Humas Jabar 2019
    Pemprov Luncurkan Jabar Open Data

    Editorial