web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Untuk Pertama Kali, Kota Bandung Raih Opini WTP
    net Oded menerima berkas opini WTP dari Ketua BPK Jaba

    Untuk Pertama Kali, Kota Bandung Raih Opini WTP

    JuaraNews, Bandung - Pemkot Bandung untuk pertama kalinya meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

    Berdasarkan LHP, Pemkot Bandung mampu menyajikan laporan yang baik sehingga dinilai layak menerima WTP.

    "Dalam kesempatan ini perkenankan kami mengucapkan selamat atas prestasinya meraih opini baik, setelah beberapa tahun terakhir dengan opini wajar dengan pengecualian (WDP). Saya yakin ini diperoleh dari upaya sungguh-sungguh seluruh jajaran pemerintahan dalam pengelolaan dan Pertanggungjawaban keuangan," kata di Kantor Wilayah BPKP Provinsi Jawa Barat, Jalan Moch. Toha, Bandung, Senin (27/5/2019).

    Wali Kota Bandung Oded M Danial didaampingi Sekda Ema Sumarma dan Kabag Humas Sony Teguh Prasatya saat acara silaturahmi dan buka bersama dengan wartawan di Pendopo Kota Bandung, Selasa (28/5/2019). (foto: juaranews/deni mulyana)

    Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku bersyukur di awal pemerintahannya mampu menghasilkan prestasi yang cukup baik dengan meraih WTP. Menurutnya prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran di Pemkot Bandung.

    Oded mengatakan, sejak adanya penilaian opini BPK pada 2005 lalu, Pemkot Bandung belum pernah meraih opini WTP. Prestasi tertinggi Kota Bandung, yakni WDP, bahkan pernah dengan opini diclamer.

    "Mang Oded bersyukur tahun ini Kota Bandung bisa meraih opini WTP. Ini untuk pertama kalinya, sebelumnya paling kita dapat WDP," ujar Oded saat menggelar silaturahmi dan buka bersama dengan para pemimpin redaksi dan wartawan Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, Selasa (28/5/2019).

    Oded mengatakan, pihaknya berupaya membangun rekonsiliasi. "Sejak saya dilantik dan kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait ya terutama di internal. Ya kita berhasil mendapat opini WTP dari BPK alhamdulillah kita respons positif," ucapnya.

    Meski berhasil meraih WTP, Oded mengingatkan jajarannya tidak cepat puas diri. Justru menurutnya, kesuksesan yang diraih saat ini harus menjadi pelecut semangat untuk kerja lebih baik lagi ke depan.

    "Harapan saya tentu saja setelah mendapat WTP sama dengan kota/kabupaten lain kita harus terus meningkatkan kinerja kita dalam penataan keuangan daerah yang baik," katanya.

    Sementara itu, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menyebutkan, selama ini Kota Bandung kerap gagal meraih WTP karena masalah pengelolaan aset. Dari total aset bermasalah senilai Rp20 triliun mampu dibenahi hingga hanya tersisa Rp23 miliar.

    "Aset itu totalnya ada di angka Rp20 triliun lebih. Sampai ke Rp11 triliun turun ke angka Rp1,2 triliun. Alhamdulillah akhirnya mentok di angka Rp23 miliar,"katanya.

    Begitu juga dengan masalah utang jangka pendek dan piutang sewa juga berhasil ditekan dan salah satunya berhasil diselesaikan. Sehingga penilaian dari pemeriksaan BPK bisa terus meningkat.

    "Utang jangka pendek clear, semua 0. Piutang sewa juga progressnya sangat luar biasa. LHP juga kita sudah masuk di angak walaupun belum sampao 95 persen tapi kalau tidak salah waktu itu sudah diangka 71,28 dan angka kita sudah di angka 70 persen," ucapnya. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Rekayasa Lalu-lintas Jalan Sukajadi Dievaluasi
    Kota Bandung Luncurkan Sekoper Cinta
    Pemkot Bandung Tetap Ingin Kelola Sendiri GBLA
    Pemprov Siap Ambil Alih Pengelolaan Stadion GBLA
    GBLA tak Bisa Dipakai, Ini Kata Menpora

    Editorial


      Info Kota