blog counter
PT POS

Soal Sekda Kota Bandung, Emil Tunggu Kemendagri



Soal Sekda Kota Bandung, Emil Tunggu Kemendagri
Ridwan Kamil net
JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan melaporkan pelantikan Ema Sumarna sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial pada Jumat (22/3/2019) lalu kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
 
Emil mengaku tidak memiliki kewenangan mengenai pelantikan tersebut. Menurutnya masalah ini menjadi kewenangan dari Kemendagri. 
 
"Dari Kemendagri urusan administrasi seperti ini. Jadi tidak ada kewenangan melebihi kewenangan yang ada," ucap Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Minggu (24/3/2019).
 
Diberitakan sebelumnya, sejak Yossi Irianto mengundurkan diri karena maju pada Pilwalkot 2018, jabatan Sekda Kota Bandung kosong. Di masa kepemimpinan Emil, dia menunjuk Benny Bachtiar sebagai Pelaksana tugas (Plh) Sekda yang diproyeksikan menjadi Sekda definitif 
 
Namun Oded yang menggantikan Emil sebagai Wali Kota Bandung, memutuskan untuk tidak melantik Benny Bachtiar dan memilih Ema Sumarna. Namun Kemendagri tidak langsung merestui keinginan Oded itu. Bahkan beberapa kali Oded melayangkan surat kepada Kemendagri melalui Gubernur Jabar agar Emma Sumarna bisa dilantik. Tapi Kemendagri masih tetap meminta Wali Kota hasil Pilwalkot 2018 tersebut Benny Bachtiar. 
 
Karena tidak kunjung mendapat restu, Oded memilih untuk tidak mengikuti saran Kemendagri. Dia malah memperpanjang masa tugas Ema sebagai Plt Sekda Kota Bandung. Hingga akhirnya pada Jumat (22/3/2019) lalu, Oded resmi melantik Ema menjadi Sekda Kota Bandung definitif. 
 
Emil menyatakan, sejak dulu pihaknya hanya berpegangan kepada arahan Kemendagri, yakni meminta Pemkot Bandung melantik Benny Bachtiar sebagai Sekda. 
 
"Dari dulu posisinya jelas mengikuti arahan Kemendagri. Jadi posisinya jelas saya akan melaporkan dan menunggu komentar dari Kemendagri," tandas Emil. 
 
Sebelumnya, Oded mengaku telah meminta izin kepada Emil untuk melantik Ema. "Saya sudah ketemu beliau (Emil) Rabu malam kemarin khusus membahas ini," kata Oded seusai pelantikan Sekda Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (22/3/2019) lalu. (*)

den

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Flyover Kopo Diuji Coba selama Sepekan
Yana Mulyana Resmi Jabat Wali Kota Bandung, Gubernur Minta Komunikasi dengan Pemprov Ditingkatkan
Wow, DPRD Kota Bandung Anggarkan Rp1 Miliar untuk Beli Ponsel Mewah di Tengah Pandemi Covid-19
Mochtar Kusumaatmadja Bakal jadi Nama Jalan Gantikan Flyover Pasupati
Cegah Penyebaran Omicron, Pemkot Bandung Tutup 3 Jalan Utama & Terapkan Ganjil-Genap di Gerbang Tol
Berita Terdahulu

Info Kota


Data Statik Covid-19


DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

Ads