Pos Indonesia

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Oded Ajak Pemuda Gelorakan Semangat Pejuang BLA
    net Oded menyalakan obor peringatan BLA 2019

    Oded Ajak Pemuda Gelorakan Semangat Pejuang BLA

    JuaraNews, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak para pemuda Kota Bandung menggelorakan semangat pejuang seperti Mochamad Toha dan Muhammad Ramdan.

    Semangat juang keduanya, kata Oded, telah terbukti saat perjuangan mempertahankan wilayah Kota Bandung dalam peristiwa Bandung Lautan Api (BLA), tepat 73 tahun silam

    Oded berharap, pemuda mampu mengambil pelajaran dalam sejarah tersebut. Semangat juang harus digelorakan untuk mengisi pembangunan agar Kota Bandung menjadi lebih baik.

    "Mari ikut berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung. Pemuda Bandung harus memiliki kekuatan yang menggelora," ujar Oded saat menjadi inspektur upacara Peringatan 73 Tahun Peristiwa Bandung Lautan Api di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Minggu (24/3/2019).

    Wali kota mengungkapkan, zaman memang telah berubah, perjuangan tidak lagi mengangkat senjata. Namun sebagai pejuang era ini, para pemuda harus menguatkan kapasitas diri. Seperti integritas, karakter, serta semangat persatuan dalam persoalan ekonomi, sosial maupun lingkungan.

    "Warga Bandung, pemerintah dan komponen lainnya harus lebih peka dalam menghadapi persoalan tersebut. Karena Pemkot Bandung perlu dukungan masyarakat dalam merealisasikan berbagai program," katanya.

    Ode juga berharap, para pemuda ikut mengampayekan program Pemkot Bandung seperti Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan sampah (Kang Pisman), Salat Berjamaah Tepat Waktu (Bersatu), atau mencetak 1.000 hafiz Quran. Jika seluruh warga terlibat, Oded optimistis program-program Pemkot Bandung tersebut akan sukses.

    "Warga Bandung harus meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan. Menegakan toleransi maupun demokrasi agar hidup berjalan dengan nyaman," tegas Oded.

    Khusus menghadapi pesta demokrasi 14 April mendatang, Oded meminta agar masyarakat ikut serta menyukseskannya.

    "Pemilu harus berjalan aman dan suasana gembira. Karena peristiwa itu merupakan pesta rakyat untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat untuk lima tahun ke depan," ucapnya.

    Related imagePara pelajar SMP dan SMA mengikuti pawai obor yang digelar dari Tugu BLA di Lapangan Tegallega ke Balai Kota Bandung. (net)

     

    Pawai Obor

    Sebelumnya, pada Sabtu (23/3/2019) malam, Oded memimpin Upacara Penyulutan Api Obor Peringatan Bandung Lautan Api (BLA) di Plaza Balai Kota Bandung. Sebelum upacara, wali kota bersama para tamu undangan menyaksikan parade peserta pawai obor dari para pelajar SMP dan SMA yang berjalan dari Tugu BLA di Lapangan Tegallega ke Balai Kota. Setelah itu, Oded menyulut api pada obor besar yang ditempatkan di Plaza Balai Kota. Api yang kemudian membesar secara spontan disambut tepuk tangan para peserta yang berjumlah sekitar 5.000 orang itu.

    Dalam amanatnya, Oded bercerita bahwa pada 24 Maret 1946 lalu, dua pemuda yakni Mochamad Toha dan Muhammad Ramdan bersama pemuda lainnya telah membuat peristiwa heroik. Mereka tidak rela wilayah Bandung diduduki kembali oleh penjajah Belanda.

    "Sekitar 1.100 mesiu dibakar demi untuk mempertahankan Bandung jangan sampai kembali ke tangan penjajah," ujarnya.

    Menurut Oded, peristiwa Bandung Lautan Api sangat luar biasa serta patut diambil keteladanan dari patriotisme para pejuang, karena dulu mereka rela mengorbankan jiwa raga. "Mari mengambil spirit dari peristiwa BLA dengan cara-cara kita sendiri. Mari bumi hanguskan hoaks," ajaknya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Penurunan Kasus Covid-19 Kota Bandung Hasil Pelacakan Secara Massif
    Kabar Baik bagi Pesepeda Gunung Bandung, Pemkot dan Kanhay Wacanakan Garap Lintasan MTB
    Ojol Bandung Bisa Angkut Penumpang, Pemkot Terapkan AKB
    27 Pegawainya Positif Covid-19, Puskesmas di Kota Bandung Tetap Beroperasi
    2 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sadangserang Ditutup Sementara
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center
      Buku Wagun
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads