web stats service from statcounter

Hot News


  • Berburu Kemenangan di Laga Tandang
    Berburu Kemenangan di Laga Tandang
    • 18 Agustus 2019 | 12:17:00 WIB

    LAGA seru bakal terjadi di di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (18/8/2019) malam, saat PSM menjamu Persib pada pada Pekan 15 Liga 1 2019

Inspirasi


    Persepsi Maladministrasi  di Jabar Terendah Kedua
    net Ridwan Kamil

    Persepsi Maladministrasi di Jabar Terendah Kedua

    JuaraNews, Bandung - Jabar berada di posisi 2 terbaik dalam Indeks Persepsi Maladimisnistrasi (Inperma) dengan skor 4.98. Jabar meraih predikat maladministrasi terendah kedua dari 10 provinsi yang disurvei. Jabar hanya kalah oleh Nusa Tenggara Timur (NTT) yang meraih skor Inperma paling rendah yakni 4,87.
     
    Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, survey Inperma merupakan cara yang dilakukan Ombudsman RI dalam mendapatkan data primer dari pengguna layanan dengan cara memetakan tingkat administrasi pada layanan publik dasar.
     
    "Ini bagus tapi belum 'perfect', saya bilang. Percect itu kalau Persepsi Maladministrasi-nya tidak ada," kata Emil dalam acara Peluncuran Survey Inperma Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 di Aula Sangga Buana Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis (21/03/2019).
     
    Ombudsman RI sendiri melakukan survei nperma kepada 10 pemerintah provinsi yang telah mendapat predikat zona hijau tentang pelayanan, termasuk alam survei kepatuhan terhadap UU No 25 tahun 2009. Ke-10 provinsi tersebut, yakni Sumut (skor 5,28), Kepri (5,45), Jambi (5,44), DKI Jakarta (5,11), Banten (5,52), Kaltim (5,46), Sulsel (5,30), dan Provinsi Sultra (5,47).
     
     
    Hasil survei, kata Emil, menandakan layanan publik di Jabar semakin membaik, dan tinggal ditingkatkan lagi agar mendapat nilai sempurna. Emil menyebutkan, di era pemerintahan 'Dinamic Governance', Pemprov Jabar akan terus berusaha meningkatkan tingkat pelayanan publik dengan mengurangi interaksi tatap muka antara masyarakat dengan petugas pelayanan.
     
    Dengan konsep tersebut, pemprov berusaha membuat suatu sistem dimana negara yang mendatangi rakyat, bukan rakyat yang mendatangi negara. Emil pun telah mengeluarkan beberapa program terkait dengan inovasi layanan masyarakat. Salah satunya Samsat J’bret yaitu bayar pajak secara online bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai rekanan pelayanannya.
     
     
    "Intinya lakukan pelayanan seperti maunya masyarakat, warga sekarang biasa online, ya udah kita desain bayar pajak lewat Bukalapak, Tokopedia, yang biasa ke minimarket bayarnya ke Alfamart, Indomaret, dan lain seterusnya," kata Emil. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Atalia: Cegah Hoaks dengan T-H-I-N-K
    Di Bekasi, Bunga Telang Disulap jadi Kerajinan
    Atalia Ajak Kader PKK Sukseskan Program Kampung KB
    Ini Dia Pemenang Piala Humas Jabar 2019
    Pemprov Luncurkan Jabar Open Data

    Editorial