blog counter

Produksi Susu Sapi KBB Capai 200 Ribu Ton per Hari



Produksi Susu Sapi KBB Capai 200 Ribu Ton per Hari
Peternak tengah memeras susu sapi net
JuaraNews, Bandung - Peternak sapi perah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini mencapai 12 ribu orang, dengan 7.500 di antaranya bergabung dalam Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) Lembang.
 
Ribuan peternak di KBB tersebut menghasilkan sekitar 200 ribu ton susu per hari, dengan 140 ribu ton di antaranya dihasilkan KPSBU Lembang.
 
Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan KBB Unang Husni Thamrin mengungkapkan, produksi susu tersebut selanjutnya didistribusikan ke pabrik-pabrik, seperti Frisian Flag, Danone, dan sebagian diolah rumahan serta diperjualbelikan dan dikonsumsi masyarakat.
 
Namun Unang menilai, produksi susu sapi di KBB tersebut cenderung stagnan. Hal tersebut karena terkendala masalah pakan dan kondisi lahan rumput yang mulai sedikit.
 
"Maka dari itu kami gunakan makanan tambahan karena lahan yang terbatas," ujar Unang di sela-sela acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPSBU Lembang 2019 di Abadi Hass, Lembang KBB, Kamis (21/3/2019).
 
Saat ini, kata Unang, jumlah sapi perah di KBB mencapai 38.900 ekor, dan sebanyak 21 ribu ekor di antaranya ada Lembang. Kawasan peternakan sapi perah di KBB sendiri saat ini masih didominasi kawasan Lembang dan sekitarnya, seperti Cisarua, Parongpong, dan Ngamprah.
 
"Tapi, kini kami sedang kembangkan ke wilayah selatan seperti Sindangkerta dan Gununghalu karena secara iklim sama dengan Lembang sangat mendukung dan memiliki ketinggian sekitar 1.000 di atas permukaan laut," tandas Unang.
 
Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran yang juga menghadiri RAT KPSBU Lembang, menyebutkan saat ini produksi susu di Indonesia meningkat setelah terbitkan setelah Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No 33. Jika sebelumnya produksi susu sekitar 1,4 juta ton, kini mencapai 1,6 juta ton susu per hari.
 
"Dari segi harga susu juga setelah keluar Permentan ini dari awalnya Rp4 ribu sekarang mencapai Rp5 ribu-6 ribu. Jadi kenaikannya itu sangat membantu peternak sapi. Dan kami selalu mendukung agar terus berkembang sehingga nanti dapat memenuhi kebutuhan susu dalam negeri hingga 100 persen," ujar Andi Amran. (*)

Oleh: fajar fathur / den

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Transaksi Temu Bisnis dan Pameran Produk OPOP 2022 Capai Rp42,1 Miliar
Konvensi Nasional Rancangan SKKNI, KKNI dan Skema Okupasi Dorong Pemulihan Sektor Parekraf
El Royale Hotel Bandung Adakan Nobar Piala Dunia 2022
Pegadaian Kanwil Bandung Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur
Pegadaian Taman 3000 Mangrove dan 50 Ekor Tukik
Berita Terdahulu

Editorial


    iklan qposaja

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads