web stats service from statcounter

Hot News


  • Persib Bawa 22 Pemain hadapi Persebaya di Bali
    Persib Bawa 22 Pemain hadapi Persebaya di Bali
    • 15 Oktober 2019 | 18:38:00 WIB

    TIM Persib membawa 22 pemain ke Bali untuk melakoni laga tandang kontra Persebaya yang akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (18/10/2019).

Inspirasi


    Produksi Susu Sapi KBB Capai 200 Ribu Ton per Hari
    net Peternak tengah memeras susu sapi

    Produksi Susu Sapi KBB Capai 200 Ribu Ton per Hari

    JuaraNews, Bandung - Peternak sapi perah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini mencapai 12 ribu orang, dengan 7.500 di antaranya bergabung dalam Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) Lembang.
     
    Ribuan peternak di KBB tersebut menghasilkan sekitar 200 ribu ton susu per hari, dengan 140 ribu ton di antaranya dihasilkan KPSBU Lembang.
     
    Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan KBB Unang Husni Thamrin mengungkapkan, produksi susu tersebut selanjutnya didistribusikan ke pabrik-pabrik, seperti Frisian Flag, Danone, dan sebagian diolah rumahan serta diperjualbelikan dan dikonsumsi masyarakat.
     
    Namun Unang menilai, produksi susu sapi di KBB tersebut cenderung stagnan. Hal tersebut karena terkendala masalah pakan dan kondisi lahan rumput yang mulai sedikit.
     
    "Maka dari itu kami gunakan makanan tambahan karena lahan yang terbatas," ujar Unang di sela-sela acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPSBU Lembang 2019 di Abadi Hass, Lembang KBB, Kamis (21/3/2019).
     
    Saat ini, kata Unang, jumlah sapi perah di KBB mencapai 38.900 ekor, dan sebanyak 21 ribu ekor di antaranya ada Lembang. Kawasan peternakan sapi perah di KBB sendiri saat ini masih didominasi kawasan Lembang dan sekitarnya, seperti Cisarua, Parongpong, dan Ngamprah.
     
    "Tapi, kini kami sedang kembangkan ke wilayah selatan seperti Sindangkerta dan Gununghalu karena secara iklim sama dengan Lembang sangat mendukung dan memiliki ketinggian sekitar 1.000 di atas permukaan laut," tandas Unang.
     
    Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran yang juga menghadiri RAT KPSBU Lembang, menyebutkan saat ini produksi susu di Indonesia meningkat setelah terbitkan setelah Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No 33. Jika sebelumnya produksi susu sekitar 1,4 juta ton, kini mencapai 1,6 juta ton susu per hari.
     
    "Dari segi harga susu juga setelah keluar Permentan ini dari awalnya Rp4 ribu sekarang mencapai Rp5 ribu-6 ribu. Jadi kenaikannya itu sangat membantu peternak sapi. Dan kami selalu mendukung agar terus berkembang sehingga nanti dapat memenuhi kebutuhan susu dalam negeri hingga 100 persen," ujar Andi Amran. (*)

    Oleh: fajar fathur / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Telkomsel Kembali Gelar IndonesiaNEXT 2019
    PT Jaswita Diminta Tingkatkan PAD dari Pariwisata
    GrabWheels, Cara Mudah Jelajahi Kampus Ganesha ITB
    Nelayan Indramayu Melaut ke Indonesia Timur
    Telkomsel Gelar Acara  Millennials Talk

    Editorial