KPID Jabar Batasi Pemutaran Lagu Berkonten Dewasa - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    KPID Jabar Batasi Pemutaran Lagu Berkonten Dewasa
    JuaraNews/Abdul Basir Ketua KPID Jawa Barat Dedeh Fardiah

    KPID Jabar Batasi Pemutaran Lagu Berkonten Dewasa

    • Rabu, 27 Februari 2019 | 18:27:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung-Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, membatasi pemutaran sejumlah lirik lagu di media penyiaran Radio dan Televisi,hal itu dikarenakan adanya lirik bermuatan Dewasa.

    Ketua KPID Jawa Barat Dedeh Fardiah mengatakan, pembatas tersebut, di awali dengan adanya temuan dan laporan dari masyarakat, ada sekitar 52 dan 34 temuan tenaga pemantauan ada 86 item atau lagu lagu yg di indikasi ada pelanggaran.

    "Setelah kami telah dan kami kaji dengan tim lebih dalam, dari 86 item itu di kerucutkan lagi menjadi 17 item atau lagu. akhirnya kami memutuskan 17 lagu tersebut hanya bisa di dengarkan oleh orang dewasa. maka penyiarannya harus di atas jam 22.00 – 03.00 shubuh," ucap Dedeh di kantor KPID Jawa Barat Jl. Malabar, Kota Bandung, Rabu (27/2/2019).

    Menurutnya, Sesuai tupoksi KPID Jawa Barat itu mengawasi konten siaran. Ketika ter indikasi program siaran dalam hal ini musik atau lagu sesuai Per Undang Undangan, pasal 20 ayat 1, disebutkan bahwa lirik lagu tidak boleh mengandung unsur seksual atau semacamnya.

    "Selain pasal 20 ayat 1, juga ada Pasal 38, apabila lirik lagu itu berkonten dewasa, maka klasifikasinya itu D (Dewasa). Kalau klasifikasi sudah D," katanya.

    Sebelumnya, pada Selasa (26/2/2019) petang, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menerbitkan surat pembatasan siaran lagu-lagu berbahasa Inggris di media penyiaran radio dan televisi. Hal itu disebabkan lirik lagu tersebut bermuatan konten dewasa. (*).'

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gebrakan New Normal, Pos Indonesa Luncurkan Apps Videoconfrence dengan Kilobyte Rendah
    Iwan Fals: Badan Boleh Hancur, Tapi Jiwa Semangat Pikiran dan Mental Tidak!
    Musisi Asal Bandung Reles Album Kisah Perjalan Hidup Selama Ramadhan
    Ini Doa & Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah
    POS INDONESIA DISTRIBUSKAN BANTUAN SOSIAL TUNAI 2020 SERENTAK DI SELURUH INDONESIA
    Berita Terdahulu

    Editorial