Terminal Tipe A di Bandung di Kelola Oleh Pusat - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda
Pos Indonesia

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Terminal Tipe A di Bandung di Kelola Oleh Pusat
    JuaraNews/Abdul Basir Terminal Lwipanjang Bandung

    Terminal Tipe A di Bandung di Kelola Oleh Pusat

    • Senin, 25 Februari 2019 | 08:04:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung-Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perhubungan akan mengambil alih pengelolaan dua terminal Tipe A yang berada di Kota Bandung yakni, Terminal Cicaheum dan Terminal Lwipanjang.

    Hal tersebut dikarenakan, mengacu kepada Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam aturan tersebut, terminal Tipe A yang melayani transportasi antar kota antar propinsi harus dikelola pemerintah pusat.

    Budi Setiadi Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi mengatakan, Saat ini, proses pengalihan masih dalam tahap administratif. Pemerintah Kota Bandung pun merespon positif proses tersebut. Termasuk memindahkan kantor Dinas Perhubungan dari Terminal Leuwipanjang ke Gedebage.

    "Sekarang harus bergerak cepat karena dua simpul ini sangat dibutuhkan. Kita akan tingkatkan dan optimalkan untuk pelayanan pada masyarakat," ujar Budi, di Pendopo Walikota Bandung,Jalan Dalam Kaum, Kota Bandung, Sabtu (23/2/2019).

    Budi menilai, kedua terminal ini sangat potensial untuk memiliki fungsi lain yang memiliki nilai tambah. Dengan begitu, terminal tidak hanya akan berfungsi sebagai portal transportasi tetapi juga ada kegiatan ekonomi.

    "Terutama di Cicaheum sangat potensial untuk dengan skema KSP (Kerja Sama Pemanfaatan), sehingga mungkin saya nanti akan market sounding kepada pengusaha besar. Kalau bisa sama dengan terminal yang lain. Saya akan tawarkan dibuat TOD (Transit Oriented Development) dengan KSP untuk bisa dibangun. Tidak hanya terminal tapi juga pusat bisnis. Bisa mal, hotel, pusat perkantoran, atau yang lainnya," katanya.

    Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyambut dengan positif hal itu. Kendati harus kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi di terminal, namun dia melihat nilai kebermanfaatan terminal tersebut menjadi lebih besar.

    Pemerintah Kota Bandung, kata dia, merespons positif proses tersebut termasuk telah memindahkan kantor Dinas Perhubungan dari Terminal Leuwipanjang ke Gedebage. Ia berharap, pembangunannya bisa segera terealisasi agar warga bisa segera merasakan manfaatnya.

    "Saya senang saja. Mudah-mudahan secepatnya. Terpenting masyarakat bisa mendapatkan manfaat lebih cepat," tuturnya.

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gelar Halalbihalal Virtual
    Siang dan Malam Hari, Kota Bandung Hujan Ringan
    Bandung Youth Care Bagikan 1.000 Opor Bagi Penghuni Kos
    Siang Hari Ini Kota Bandung dan Sekitarnya Diprediksi Hujan Ringan
    Oded Imbau Warga Rayakan Idulfitri di Rumah dan Tak Mudik Lokal
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center
      Buku Wagun
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads