Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Banyak Manfaat Didapatkan Dari Sungai Citarum
    JuaraNews/Abdul Basir Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo

    Banyak Manfaat Didapatkan Dari Sungai Citarum

    • Jumat, 22 Februari 2019 | 19:52:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung- Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerjasama mewujudkan Citarum Harum, pasalnya, Sungai yang sempat di nobatkan sebagai salah satu Sungai terkotor di Dunia tersebut,  memiliki manfaat sangat besar bagi kehidupan masyarakat Jawa Barat.

    Demikian di ungkapkan, Mantan Pangdam III Siliwangi saat menghadiri bedah buku dan Seminar Nasional tentang model sinergitas Pentahelix serta merawat alam dan mitigasi bencana, di Hotel Asrilia Jalan Pelajaran Pejuang, Kota Bandung, Jumat (22/2/2019).

    Doni mengatakan, manfaat Sungai Citarum sangat banyak, airnya sebagai sumber energi listrik yang menghasilkan 200 megawatt listrik, mengairi mengairi 420 ribu hektare sawah dari Karawang hingga Indramayu.

    "Begitu luar biasanya manfaat Citarum, namun jika tidak diperhatikan secara bersama-sama, maka akan memberikan dampak ancaman bagi kelangsungan hidup masyarakat banyak," Ujar.

    Manfaat dari persawahan sendiri, kata Doni, jika setiap hektare sawah menghasilkan lima ton padi, maka dari luas 420 hektare sawah bisa jutaan ton padi yang dihasilkan. Ini jika aliran airnya lancar dan terhindar dari limbah.

    Berkaitan dengan manfaat Sungai Citarum bagi ketersediaan energi listrik, Doni menambahkan, jika ada gangguan di Citarum maka pasokan listrik Jawa dan Bali akan terganggu.

    "Hal yang harus diperhatikan lainnya ialah tentang perawatan waduk. Jika tidak dirawat, maka dam akan dipenuhi limbah yang berpotensi jebolnya dam. Jika itu terjadi, maka daerah utara terutama Bekasi, akan menjadi korban," katanya. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Boleh Angkut Penumpang, Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung Tunggu Komitmen Aplikator Ojol
    Dokter Reisa Berbagi Tips Olahraga di Ruang Publik, Tetap Wajib Patuhi Protokol Kesehatan
    Kondisi 17 Peserta Didik dan Pelatih Secapa TNI AD yang Dirawat Akibat Covid-19 Sudah Membaik
    Ridwan Kamil Minta Pemkot Bandung Gelar Tes Massif di Secapa AD
    BMPI Lakuan Audiensi Dengan FPDIP DPRD Kota Bandung
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads