web stats service from statcounter

Hot News


  • Semen Padang Bertekad Curi Poin di Bandung
    Semen Padang Bertekad Curi Poin di Bandung
    • 18 September 2019 | 03:49:00 WIB

    SEMEN Padang berambisi mengakhiri rentetan hasil buruknya di Liga 1 2019, saat bertandang ke markas Persib pada Pekan 19 Liga 1 2019, Rabu (18/9/2019) malam.

Inspirasi


    Banyak Manfaat Didapatkan Dari Sungai Citarum
    JuaraNews/Abdul Basir Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo

    Banyak Manfaat Didapatkan Dari Sungai Citarum

    • Jumat, 22 Februari 2019 | 19:52:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung- Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerjasama mewujudkan Citarum Harum, pasalnya, Sungai yang sempat di nobatkan sebagai salah satu Sungai terkotor di Dunia tersebut,  memiliki manfaat sangat besar bagi kehidupan masyarakat Jawa Barat.

    Demikian di ungkapkan, Mantan Pangdam III Siliwangi saat menghadiri bedah buku dan Seminar Nasional tentang model sinergitas Pentahelix serta merawat alam dan mitigasi bencana, di Hotel Asrilia Jalan Pelajaran Pejuang, Kota Bandung, Jumat (22/2/2019).

    Doni mengatakan, manfaat Sungai Citarum sangat banyak, airnya sebagai sumber energi listrik yang menghasilkan 200 megawatt listrik, mengairi mengairi 420 ribu hektare sawah dari Karawang hingga Indramayu.

    "Begitu luar biasanya manfaat Citarum, namun jika tidak diperhatikan secara bersama-sama, maka akan memberikan dampak ancaman bagi kelangsungan hidup masyarakat banyak," Ujar.

    Manfaat dari persawahan sendiri, kata Doni, jika setiap hektare sawah menghasilkan lima ton padi, maka dari luas 420 hektare sawah bisa jutaan ton padi yang dihasilkan. Ini jika aliran airnya lancar dan terhindar dari limbah.

    Berkaitan dengan manfaat Sungai Citarum bagi ketersediaan energi listrik, Doni menambahkan, jika ada gangguan di Citarum maka pasokan listrik Jawa dan Bali akan terganggu.

    "Hal yang harus diperhatikan lainnya ialah tentang perawatan waduk. Jika tidak dirawat, maka dam akan dipenuhi limbah yang berpotensi jebolnya dam. Jika itu terjadi, maka daerah utara terutama Bekasi, akan menjadi korban," katanya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Mahasiswa Bandung Demo Menolak Revisi UU KPK
    Pemprov Jabar Dorong Percepatan Tol Cisumdawu
    DPRD Jabar Usulkan Penambahan Pimpinan
    DPRD Jabar Umumkan Calon Pimpinan Dewan 2014-2024
    Emil Setuju Nama BIJB jadi Bandara Habibe

    Editorial