web stats service from statcounter

Hot News


  • Pemerintah Harus Kaji Sistem Pemilu Langsung
    Pemerintah Harus Kaji Sistem Pemilu Langsung
    • 13 November 2019 | 19:36:00 WIB

    PAKAR Politik dan Pemerintahan dari Unpar,Asep Warlan Yusuf mengatakan Pemerintah Indonesia harus mengakaji sistem Pemilu Serentak secara langsung.

Inspirasi


    Bukalapak-ITB Luncurkan Lab.Pusat Riset Mahasiswa
    JuaraNews/Abdul Basir

    Bukalapak-ITB Luncurkan Lab.Pusat Riset Mahasiswa

    • Jumat, 1 Februari 2019 | 15:59:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung-Bukalapak bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) meluncurkan Bukalapak-ITB Artificial Intelligence Dan Cloud Computing Innovation Center,sebuah laboratorium riset bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti Indonesia, khususnya di ITB pada bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan komputasi awan (Cloud Computing).

    Bukalapak-ITB AI & Cloud Computing Innovation Center ini diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Mohamad Nasir, serta disaksikan oleh Founder and CEO Bukalapak, Achmad Zaky dan Rektor Institut Teknologi Bandung, Kadarsah Suryadi di kampus ITB jalan Ganesha, Kota Bandung, Jumat (1/2/2019).

    Peresmian itu ditandai dengan penandatangan kerjasama oleh masing-masing pihak.ITB bersama Bukalapak berkomitmen untuk mendekatkan dunia industri dengan perguruan tinggi terutama dalam pengembangan inovasi ke depan.

    Achmad Zaky mengatakan, Bukalapak merupakan unicorn pertama yang mendirikan Innovation Center untuk riset dan pengembangan oleh mahasiswa. 

    Zaky menilai, tantangan baginya adalah bagaimana mencari talenta teknologi di bidang AI yang dapat berkontribusi untuk Indonesia.

    "Bukalapak bekerja sama dengan ITB membangun sebuah laboratorium riset AI pertama di Indonesia yang dapat memberdayakan talenta lokal untuk mengembangkan kapasitasnya di tanah air," ucap Zaki

    Dikatakan Zaky, pemanfaatan teknologi AI di Bukalapak saat ini telah banyak dikembangkan terutama dalam hal membantu operasional perusahaan seperti membantu mengenali karakteristik pengguna Bukalapak yang sering berkunjung ke situs maupun aplikasi Bukalapak.

    Di samping itu, AI juga membantu pengguna Bukalapak dengan memberikan rekomendasi terkait produk yang dibutuhkan. Sehingga pengguna Bukalapak tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari barang sesuai dengan kebutuhan.

    "AI juga sangat membantu meningkatkan kinerja tim customer services dalam menyelesaikan keluhan pelanggan dan juga dapat mencegah terjadinya penipuan yang dapat menimpa para pengguna Bukalapak," katanya dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar.

    Sementara itu, Rektor Institut Teknologi Bandung, Kadarsah Suryadi mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik ajakan kerja sama dari Bukalapak untuk membuka sebuah laboratorium riset guna mengembangkan potensi talenta terbaik Indonesia untuk membangun Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan ITB untuk menjadi Entrepreneurial University.

    "Harapan dari kerja sama ini semoga dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan bangsa di bidang teknologi dan inovasi kewirausahaan serta dapat memberdayakan talenta teknologi terbaik dari dalam negeri," ungkapnya. (*)

    Oleh: abdul basir / bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 36,01 Persen
    Ke Jepang, Ridwan Kamil Bawa Buku Menu Investasi Jabar
    Jabar Bertranformasi, Ridwan Kamil Beberkan Peluang Investasi pada Investor Jepang
    Ingin Bebas Denda Pajak Kendaran Bermotor? Berikut Syarat dan Ketentuan
    Pemprov Jabar Beri Amnesti Denda dan Diskon Pajak bagi Penunggak 5 Tahun atau Lebih