Profauna Indonesia,Peringati Hari Primata - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda
Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Profauna Indonesia,Peringati Hari Primata
    JuaraNews/Abdul Basir

    Profauna Indonesia,Peringati Hari Primata

    JuaraNews, Bandung-Puluhan aktivis lingkungan yang tergabung dalam Profauna Indonesia, menggelar aksi teaterikal memperingatan Hari Primata Indonesia (HPI), di Depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (30/1/2019).

    Dalam akasinya, aktivis lingkungan ini membawa beberapa spanduk  bertuliskan stop berburu hewan primata serta menampilkan pertunjukan menggunakan atribut primata.

    Koordinator Profauna Indonesia Representatif Jabar, Nadya Andriani, mengatakan, Perburuan menjadi salah satu ancaman serius bagi kelestarian primata di Indonesia. Lebih dari 70% primata Indonesia terancam punah akibat perburuan yang kerap kali berlanjut pada perdagangan gelap.Ironisnya, motif perburuan primata telah bergeser ke arah hobi dan kebanggaan semata bagi kelompok tertentu.

    "Sebenarnya saat ini perburuan primata sudah tidak relevan lagi dilakukan. Pada peradaban manusia modern, kebanyakan perburuan tidak terkait untuk menyambung hidup, tetapi telah bergeser ke arah hobi untuk kebanggaan semata," ucapnya.

    Menurutnya, Kebanggaan atas primata hasil buruan seringkali dipamerkan di media sosial. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya postingan memamerkan primata hasil buruan di facebook dan instagram.

    "Postingan tersebut biasanya disertai caption yang menyatakan perburuan dilatarbelakangi anggapan primata sebagai hama yang merugikan manusia. Hal ini merupakan informasi menyesatkan, sebab pada kenyataannya manusialah yang mengambil alih habitat primata," ungakapnya.

    Dikatakan, Nadya Profauna Indonesia sebagai lembaga yang fokus kepada perlindungan satwa liar dan hutan melakukan sejumlah aksi kepedulian antara lain kampanye publik, edukasi di sejumlah sekolah dan komunitas, serta menyebarkan pesan pentingnya pelestarian primata di media sosial.

    Nadya berharap, dengan  aksi yang digelarnya ini, masyarakat bisa paham tentang pentingnya keberadaan primata bagi manusia. Yakni, primata selama ini berperan sebagai penyebar benih dalam hutan. Karena, hutan lindung tak ada yang menanam atau merawat. (*)

    Oleh: abdul basir / bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Disdik Jabar Siapkan Skenario Masuk Sekolah Tahun Ajaran Baru
    Tatanan Normal Baru Terus Dimatangkan, Pemprov Jabar Lakukan Penyesuaian PSBB
    Dampingi Presiden Resmikan Mall, Emil Siapkan Tatanan Normal Baru di Jabar
    Cegah Arus Balik, Penyekatan Perbatasan di Jabar Ditingkatkan
    Tekan Potensi Penyebaran COVID-19 Setelah Idulfitri dengan Tes Massif
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads