Pemerintah Mendukung Pengembangan Biofuels ITB
JuaraNews/Abdul Basir Luhut berdiskusi dengan Akademis ITB soal Biofuels

Pemerintah Mendukung Pengembangan Biofuels ITB

 

JuaraNews, Bandung- Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengunjungi Industri Biofuels Katalis dan Sawit yang berada Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katali Teknologi Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Rabu (30/1/2019).

Luhut mengatakan, Pemerintah Indonesia  mendukung pengembangan Industri Biofuels Katalis yang dikelola oleh Institusi Teknologi Bandung (ITB). Pasalnya Industri tersebut pertama di Indonesia yang berbasis minyak yang mengubah sawit menjadi biodiesel, bioavtur, dan biogasoline.

"Saya sudah lihat (Industri Biofuels Katalis) hasilnya sudah bagus, saya tanya ke Rektor ITB apakah ini sudah di tes laboratorium? Ternyata sudah di uji coba sama Pertamina," ucap Luhut.

Sebelumnya sudah ada beberapa Menteri mengunjungi, Industri Biofuels Katalis ini, maka dari itu, kata luhut pihaknya akan menindaklanjuti namun akan melihat terlebih dahulu dari sisi Perekonomian.

"Secara awal saya sudah lapor kepada Presiden, dan Mentri Bapennas, Mentri Keuangan, Mentri Industri sudah kemari,  sekarang tinggal berbicar eksekusi," ucapnya

"Saya minta kepada tim untuk membuat keekonomian selama 2 minggu, karena sudah 3 kali membuat FGD mengenai ini,  Kalau hasilnya dapat secara ke ekonomi nanti kita usualkan kepada presiden untuk ada Rapat Terbatas sehingga presiden mendengar sendiri penjelasan ini dan bisa membuat keputusan yang cepat untuk ini," tandasnya.

Dalam kunjunganya ke Laboratorium Industri Biofuels Katalis dan Sawit, Menko Luhut Binsar Panjaitan, di temani Rektor ITB Kadarsah Suryadi dan beberap profesor ahli di Bidang Kimia. (*)

Oleh: abdul basir / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


DPRD Sayangkan Kebijakan Gubernur Jabar Potong Gaji ASN Untuk Covid19
Imbas Wabah Covid19, KPU tunda Pelaksanaan Pilkada Serentak hingga 2021
Soal Larang Mudik Cegah Covid19. Ini Kata Dewan Jabar
Gaji Gubernur dan ASN Jabar Dipotong untuk Penanganan Covid19
Pempov Jabar Terus Matangkan Opsi Lockdown Wilayah

Editorial