web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Ridwan Kamil Ajak Akademisi Lawan Hoaxs
    JuaraNews/Abdul Basir Ridwan Kamil

    Ridwan Kamil Ajak Akademisi Lawan Hoaxs

    • Jumat, 18 Januari 2019 | 18:42:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung-  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak para akademisi untuk mengedukasi masyarakat untuk melawan berita fitnah atau hoax.

    "Sekarang bukan lagi kita harus mencari informasi, tetapi memilah informasi," ujar Emil kepada wartwan di acara Dies Natalis ke-64 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Jalan Ciumbuleuit Kota Bandung, Jumat (18/1/2019).

    Menurut Emil, saat ini banyak masyarakat khususnya di Jawa Barat di rugikan oleh berita hoax, terutama yang berkaitan dengan kejadian bencana alam.

    "Semisal, belakangan banyak beredar berita hoax berkaitan dengan longsor di daerah Pamempeuk, Garut Jawa Barat. Padahal sebenarnya, peristiwa longsor itu terjadi di Junhong Road di Da'anshan Township, Distrik Fangshan, Beijin, China. Fakta itu diungkap oleh tim Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaks," terangnya.

    Adapun video yang menggambarkan longsor, sambung Emil, ternyata telah diunggah pada 10 Agustus 2018 oleh akun resmi surat kabar harian di Republik Rakyat Tiongkok, People's Daily China.

    Dirinya menilai, berita tersebut adalah hoaks, dan sangat merugikan secara ekonomi.

    "Banyak hotel, restoran, yang sudah dibooking, sudah siap- siap menyambut tamu, jadi sepi, kan kasian. Belum lagi yang kirim-kirim barang, jualan, masyarakat rugi hanya gara- gara hoaks," ungkapnya.

    Emil mengatakan, Jabar Saber Hoaks yang bernaung dibawah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Jabar ini, bertugas memverifikasi segala bentuk informasi yang meresahkan masyarakat, khususnya di ranah digital.

    "Tugas tim ini adalah memastikan Jabar bersih dari berita bohong yang meresahkan," katanya.

    Jabar Saber Hoaks juga dibentuk untuk meningkatkan literasi digital serta sikap kritis masyarakat terhadap keberadaan berita bohong. Secara rutin tiap minggu, Tim Jabar Saber Hoaks akan mengumumkan ragam berita hoaks yang beredar di masyarakat.

    "Tim ini juga akan menjadi verifikator berta/ informasi meragukan. Lebih baik telat sedikit menyebar berita, namun benar adanya," ujarnya.

    Emil juga menyebut, munculnya hoaks membuat masyarakat tak produktif. Sebab, waktu masyarakat terbuang percuma hanya untuk mengecek kebenaran berita yang diterimanya.(*)

    Oleh: abdul basir / bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Banyak Manfaat Didapatkan Dari Sungai Citarum
    Pentahelix, Jurus Baru Citarum Harum
    Alumni Pesantren Persis Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin
    Emil Optimis Penanganan Citarum Harum Lebih Cepat
    Cipayung Kota Bandung Gelar Aksi Solidaritas

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.