web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Sekda Jabar Siap Bersaksi di Sidang Kasus Meikarta
    net Iwa Karniwa

    Sekda Jabar Siap Bersaksi di Sidang Kasus Meikarta

    JuaraNews, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa siap bersaksi dalam sidang kasus dugaan suap perizinan proyek pembangunan Meikarta di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

    Iwa menyatakan siap memenuhi panggilan pengadilan, sekaligus untuk mengklarifikasi kesaksian Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin yang menyebut menerim uang suap sebesar Rp1 miliar dalam memuluskan perizinan megaproyek Meikarta di Kabupaten Bekasi.

    "Saya selaku warga masyarakat yang Insya Allah taat dan patuh terhadap mekanisme yang sedang berjalan, saya sampaikan apabila diperlukan, saya siap jadi saksi," kata Iwa di Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (16/1/2019).

    Menurut dia, kesiapannya menjadi saksi persidangan tersebut terkait dengan namanya yang disebut oleh terdakwa Neneng Hassanah yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) I Wayan Riana, sebagai saksi atas terdakwa Billu Sindoro dan kawan-kawan. Selain siap menyanggah pernyataan Neneng Hasanah, Iwa pun mengaku siap dikonfrontir kesaksiannya dengan Kabid Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi Nurlaili, yang menginformasikan pada Neneng Hasanah bahwa dirinya meminta dan menerima uang Rp1 miliar.

    "Saya juga siap untuk diklarifikasi sebagaimana yang telah saya lakukan atas masalah itu," tandasnya.

    Iwa pun kembali membantah bahwa dirinya menerima uang Rp1 miliar seperti yang disampaikan Neneng Hasanah di persidangan, Senin (14/1/2019) lalu. Iwa menegaskan, Sekda tidak memiliki kewenanagan apa pun dalam proses perizinan proyek Meikarta yang dikaji Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Jabar.

    Juga soal perubahan revisi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi, Iwa mengaku tidak memiliki kewenangan. "Dan saya sama sekali tak berwenang dalam BKPRD, sehingga hadir pun tidak," kata dia.

    Sebelumnya dalam kesaksiannya pada sidang, Senin (14/1/2019) lalu, Neneng Hasanah menyebut Iwa Karniwa menerima Rp1 miliar terkait pengurusan izin Meikarta. Hal tesebut diketahui Neneng Hasanah dari pengakuan anak buahnya, Neneng Rahmi Nurlaili yang merupakan Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi. Neneng Rahmi memang saat itu mengurusi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) proyek Meikarta yang dibahas di DPRD Kabupaten Bekasi dan dilanjutkan ke Pemprov Jabar.

    "Yang disampaikan (Neneng Rahmi Nurlaili), 'Pak Iwa, Sekda, minta Rp1 M," ucap Neneng, Senin (14/1/2019).

    Namun, Neneng tidak tahu secara detail soal permintaan uang tersebut. Menurut dia, informasi itu didapatkan dari Neneng Rahmi saat keduanya bertemu di rumahnya. Selain itu, ia pun mengaku tidak tahu sumber uang sebesar Rp1 miliar untuk Sekda Jabar Iwa Karniwa.

    "Saya enggak begitu detail. Tapi Neneng Rahmi bilang ada pemberian Rp1 M kepada Sekda," ungkap Neneng Hasanah

    Menyikapi kesaksian Neneng Hasanah, JPU KPK I Wayan Riana mengaku akan menghadirkan Iwa Karniwa dalam sidang lanjutan perkara suap Meikarta. Keterangan Iwa diperlukan untuk mengonfortir pernyataan Neneng Hasanah, juga Neneng Rahmi. "Pak Iwa sendiri, (akan) kami hadirkan," ujar Riana seusai persidangan, Senin (14/1/2019).

    Riana pun akan menghadirkan Neneng Rahmi yang disebut-sebut oleh Neneng Hasanah terkait permintaan uang Rp1 miliar dari Iwa Karniwa. Neneng Rahmi yang juga sudah berstatus tersangka, akan diminta bersaksi bagi keempat terdakwa. "Nanti akan kita buktikan," kata Riana. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Emil Minta KPU Evaluasi Pemilu yang Memakan Korban
    Pemprov Jabar Beri Santunan Petugas KPPS yang MD
    Tol Cisumdawu Seksi Dua di Persiapkan Untuk Mudik
    Besok, Emil Undang Ahliwaris KPPS Pemilu 2019
    Cek Kesiapan Pemilu,Emil Gelar Konferensi Video

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.