Hot News


Opini


  • Peran Pemuda dalam Mekanisme Islam
    Peran Pemuda dalam Mekanisme Islam

    PEMUDA adalah pelopor perubahan di tangannya estapet kepemimpinan akan dilanjutkan. Untuk membentuk pemuda yang berjiwa pemimpin memerlukan banyak dukungan.

    KA Galunggung Mulai Layani Rute Bandung-Tasik

    • Kamis, 27 Desember 2018 | 23:10:00 WIB
    • 0 Komentar


    KA Galunggung Mulai Layani Rute Bandung-Tasik
    KA Galunggung siap layani rute Kiaracondiong-Tasik net

    JuaraNews, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai mengoperasikan KA Galunggung Rabu (26/12/2018) yang melayani penumpang tujuan Kiaracondong Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya.

    Selama masa uji coba mulai 26 Desember 2018 hingga 25 Januari 2019, penumpang yang menggunakan layanan KA antarwilayah itu tidak dikenakan biaya alias gratis.

    Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menyebutkan, KA Galunggung merupakan kereta ekonomi yang terdiri dari 6 unit kereta dengan kapasitas 636 tempat duduk.

    "Meskipun gratis, calon penumpang tetap harus memiliki tiket yang bisa didapatkan di loket stasiun lintas, 7 hari sebelum keberangkatan. Penumpang juga waktu membawa kartu identitas berlaku," ujar Edi saat Peluncuran KA Galunggung di Stasiun Kiaracondong, Jalan Ibrahim Ajie (Kiaracondong) Kota Bandung. dalam keterangan tertulis, Rabu (26/12/2018).

    Selain itu, satu pengantre hanya bisa memperoleh maksimal 4 tiket. Tiket gratis KA Galunggung juga tidak dapat diubah jadwal. Setelah masa uji coba selesai, tarif KA Galunggung pada periode normal ditetapkan sebesar Rp35 ribu untuk jarak terjauh (>58 km) dan Rp25 ribu untuk tarif parsial (0-58 km).

    Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Jhoni Martinus menambahkan, KA yang namanya diambil dari nama Gunung Galunggung tersebut akan berangkat setiap hari dari Stasiun Kiaracondong pada pukul 06.05 WIB dan tiba di Tasikmalaya pukul 09.25 WIB. Sementara, untuk pemberangkatan KA Galunggung dari Tasikmalaya ke Bandung pada pukul 10.35 dan tiba kembali di Bandung pada pukul 14.11 WIB. KA akan berhenti di 8 stasiun untuk turun naik penumpang dari arah Bandung dan 7 stasiun dari arah Tasikmalaya.

    Ke-8 stasiun yang akan jadi pemberhentian KA Galunggung saat melintas dari Bandung ke Tasikmalaya di antaranya adalah stasiun Cimekar, Rancaekek, Cicalengka, Nagreg, Leles, Cibatu, Cipeundeuy, dan Ciawi. Sementara, dari arah Tasikmalaya ke Bandung di Stasiun Rajapolah, Ciawi, Cipeundeuy, Cibatu, Leles, Cicalengka, dan Rancaekek.

    Jhoni menyebutkan, perjalanan dari Bandung ke Tasikmalaya semakin cepat dengan adanya KA Galunggung tersebut. Dari Tasikmalaya menuju Bandung hanya menghabiskan waktu 3 jam 20 menit. Sedangkan jika menggunakan mobil atau bus bisa mencapai 4 jam lebih. Diluncurkannya KA Galunggung, kata Jhoni, sebagai upaya PT KAI untuk memudahkan akses dan meberikan pilihan bagi masyarakat.

    "Masyarakat semakin banyak pilihan untuk melakukan perjalanan, memberikan kemudahan bagi masyarakat," kata Jhoni.

    Dia memastikan meski selama masa uji coba, penumpang digratiskan namun fasilitas dan pelayanan sama dengan kereta lainnya. "Walaupun gratis, semua penumpang duduk plus ada AC. Gratis itu karena masih uji coba kan," ucap Jhoni.

    Jadwal keberangkatan KA Galunggung
    1. Kiaracondong-Tasikmalaya:
    Berangkat dari Stasiun Kiaracondong, pukul 06.05 WIB, Rancaekek 06.30 WIB, Cicalengka 06.41 WIB, Leles Garut 07.30 WIB, Cibatu pukul 07.51 WIB, dan Cipeundeuy 08.37 WIB.
    2. Tasikmalaya-Kiaracondong:
    Berangkat dari Stasiun Tasikmalaya pukul 10.35 WIB, Cipeundeuy 11.53 WIB, Cibatu 12.30 WIB, Leles 12.59 WIB, Cicalengka 13.39 WIB, dan Rancaekek 13.54 WIB. (*)

     

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Awali Tahun 2021, UPTD Balai Mektan Uji 2 Alat Mesin Pertanian
    PT Pos Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir Kalsel dan Gempa Majene Sulbar
    Ridwan Kamil Sebut Patimban City Akan Sokong Pengembangan Rebana Metropolitan
    Kuartal IV 2020, Realisasi Anggaran PEN Capai Rp579,8 Triliun
    Demi Kebutuhan Ekonomi, Seorang Kakek Buat Masker dari Kain
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads