web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Lomba MQK jadi Ajang Silaturahmi Para Santri
    juaranews/abdul basir Uu dalam acara Jafri di halaman Gedung Sate

    Lomba MQK jadi Ajang Silaturahmi Para Santri

    • Kamis, 6 Desember 2018 | 20:55:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Untuk meningkatkan kualitas para santri, Pemprov Jabar akan mengadakan baca kitab kuning untuk kalangan santri yang disebut Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK).

    Acara yang akan diselenggarakan di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung pada 10-13 Desember 2018 yang diikuti perwakilan pesantren di Jabar.

    Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, MQK merupakan salah satu upaya Pemprov Jabar dalam mendorong santri tampil di hadapan khalayak untuk membaca kitab kuning.

    Menurut Uu, selama ini kebanyakan santri sering membaca kitab kuning dengan menyendiri di pojok-pojok pesantren dan masjid.

    "Sayakan orang pesantren. Yang saya ketahui anak pesantren itu orangnya maluan. Saya ingin memberikan peluang dan keberanian kepada mereka (santri) kan suksesnya seseorang itu dengan keberanian bersikap, keberanian tampil makanya saya dorong," ucap Uu pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis (6/12/2018).

    Selain mendorong santri untuk tampil di hadapan umum, kata Uu, kegiatan ini juga sebagai momen silaturahmi agar bisa saling mengenal dan hubungan emosional antarpesantren dan tokoh agama di Jabar.

    "Mudah-mudahan dengan kegiatan kali ini bisa terbangun hubungan emosional, hubungan antarpesantren yang di anggap orang lain pepalotot-palot,"

    Selain itu, MQK yang diselenggarakan juga merupakan turunan dari program Nawacita Presiden Joko Widodo salah satunya Revolusi Mental.

    "Pak Jokowi berharap masyarakat Indonesia memiliki karakter dari Revolusi Mental, yaitu memiliki akhlakul karimah dan budi pekerti yang itu bersumber dari keimanan. Kegiatan ini sebagai daya dorong untuk menyukseskan Nawacita yang disampaikan Bapak Presiden," tutupnya. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    MQK Cara Jabar Tumbuhkan Minat Baca Kitab Kuning
    Akademi Citarum Tanam Dua Jenis Bambu Endemik
    Ridwan Kamil Launching Desa Digital
    Menag Minta Guru Besar Aktif Wujudkan Keberagaman
    Petahana Diimbau tak Gunakaan Reses untuk Kampanye

    Editorial

      Advertisement On Google