web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Korupsi BJB Syariah Rp566 M segera Disidangkan
    net Kantor Pusat Bank BJB

    Korupsi BJB Syariah Rp566 M segera Disidangkan

    • Kamis, 29 November 2018 | 08:28:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung segera menyidangkan kasus Kasus dugaan tindak pidana korupsi di Bank Jabar Banten (BJB) Syariah dengan terdakwa Yocie Gusman, mantan Plt Dirut BJB Syariah.

    Yocie diduga Kasus yang ditangani Dalam kasus yang ditangani Bareskrim Mabes Polri‎ tersebut, Yocie diduga terlipat korups pencairan kredit sebesar Rp566,45 miliar yang dilakukan BJB Syariah pada PT Hastuka Sarana Karya milik Andi Winarto untuk pembangunan 161 ruko di Garut Super Blok selama periode Oktober 2014 hingga Juni 2015.

    Dikutip dari situs Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Bandung‎, http://sipp.pn-bandung.go.id/, perkara tersebut didaftarkan dengan nomor 104/Pid.Sus-TPK/PN Bdg pada 26 November 2018. Akan bertindak sebagai jaksa penuntut umum, yakni Dr Erianto SH MH.

    Yocie didakwa 2 pasal berlapis, yakni dakwaa primer Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU No 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20/2001 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 65 ayat (1) KUHP. Dan dakwaan subsider, Pasal 3 jo Pasal 18 UU No 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20/2001 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP. Saat ini status perkara masih dalam proses penunjukkan panitera pengganti. Sementara waktu pelaksaan sidang perdana belum ditetapkan.

    Dalam kasus ini, Yocie diduga tidak menaati prosedur pemberian kredit saat memberikan kredit ke Andi Winato‎. Setelah dicairkan, Andi Winarto malah mengagunkan tanah induk dan bangunan ke bank lain. Setelah dana kredit dicairkan, pembayaran kredit itu kemudian macet.

    Pada penanganan kasus ini, penyidik Direktorat Tipikor Bareskrim Polri menyita aset Rp 217 miliar‎ milik PT Hastuka Sarana Karya dan CV Dwi Manunggal Abadi. Di antaranya sertifikat dan tanah seluas 7 ribu m2 atas nama Andi Winarto di di Jalan, Bukit Pakar Timur, Ciburial, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Lalu 2 sertifikat tanah seluas 1,522 m2 dan 1,493 m2 atas nama Andi Winarto, yang terletak di Jalan Wastukencana dan Jalan Inggit Garnasih Kota Bandung tanah dan sertifikat.

    Selanjutnya Sertifikat dan Tanah seluas 1.400 m2, 15. 593 m2, dan 13. 884 m2 atas nama Rosalina Hakim di Desa Langensari Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut; dan di Jalan Pembangunan Blok Untung Ds Jaya Waras Kecamatan Tarogong. Terakhir Sertifikat dan Tanah seluas 7.740 m2 atas nama Theresia Situngkir di Jalan Malabar Kota Bandung. Selain itu turut disita mobil Bently warna hitam Nopol: B 1 BAA atas nama Theresia Situngkir.

    Berlanjutnya kasus ini ke meja pengadilan mendapatkan apresiasi dari LSM Monitoring Community yang pertama kali melaporkan dugaan korupsi tersebut ke Kepolisian pada pertengaha tahun lalu. Bareskrim sendiri baru menetapkan status tersangka kepada Yocie dan kawan-kawan pada 21 November 2017 lalu.

    "Kami apresiasi kinerja Mabes Polri yang berhasil melakukan penyidikan secara transparan dan profesional sehingga saat ini masuk dalam wilayah persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, "ujar Ketua Kajian Hukum & Pemerintahan LSM Monitoring Community, Aan Kandar Karnawan, dikutip indofakta, Rabu (28/11/2018).

    Aan pun berharap agar hukum bisaditegakkan dan berkeadilan. Menurutrnya, bukti sudah ukup, sehingga jaksa yang harus mempertahankan bahwa ini berada dalam ranah korupsi. "Kami akan pantau jalannya persidangan. Selanjutnya kami akan melaporkan tindak pidana korupsi pada Bank BJB," tamdas Aan. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    MQK Cara Jabar Tumbuhkan Minat Baca Kitab Kuning
    Akademi Citarum Tanam Dua Jenis Bambu Endemik
    Ridwan Kamil Launching Desa Digital
    Menag Minta Guru Besar Aktif Wujudkan Keberagaman
    Petahana Diimbau tak Gunakaan Reses untuk Kampanye

    Editorial

      Advertisement On Google