web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemprov Jabar dan BJB Luncurkan Kredit Mesra
    net

    Pemprov Jabar dan BJB Luncurkan Kredit Mesra

    • Rabu, 28 November 2018 | 07:43:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bogor - Pemprov Jabar menggandeng Bank BJB meluncurkan program BJB Mesra atau Masyarakat Ekonomi Sejahtera. Pinjaman tanpa bunga dan tanpa agunan bagi masyarakat tidak mampu ini diluncurkan dalam menumbuhkembangkan para pelaku UMKM.

    Program BJB Mesra diperuntukkan bagi masyarakat Jabar tidak mampu yang ingin mendapatkan permodalan dan dapat diproses di tempat-tempat ibadah seperti masjid atau kelenteng yang telah bekerja sama dengan BJB.

    "Mulai hari ini, warga tidak mampu di Jawa Barat yang butuh kehidupan yang lebih baik sekarang ada kemudahan cukup datang ke masjid atau rumah ibadah sesuai agamanya. Kemudian ada pinjaman tanpa bunga, tanpa agunan," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat peluncuran BJB Mesra di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Selasa (27/11/2018).

    Emil mengatakan, saat peluncuran ini sudah ada 6 tempat ibadah, yakni 5 masjid dan 1Klenteng yang dapat melayani BJB Mesra. Ke depan, ditargetkan sebanyak 56 ribu masjid besar di Jabar ikut melancarkan program ini.

    "Ini baru terbatas di masjid dan rumah ibadah yang sudah bekerja sama. Kalau masyarakat mau dan rumah ibadahnya belum ikut BJB Mesra, tolong diimbau rumah ibadahnya untuk menghubungi Bank BJB terdekat agar segera melakukan kerja sama," kata Emil.

    Menurutnya, dengan melibatkan tempat ibadah dalam BJB Mesra bukan hanya berefek untuk meningkatkan kesejahteraan, tapi juga meningkatkan sisi religius warga. Dia berharap, program BJB Mesra ini dapat menekan angka kemiskinan di Jabar hingga setengahnya yang saat ini berjumlah sekisar 3,8 juta atau 7,6%.

    Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan, seluruh kantor cabang BJB telah siap melancarkan program BJB Mesra. Program ini yang telah disosialisasikan sejak Oktober lalu tersebut, menurut Irfan, mendapatkan sambutan baik dari masyarakat.

    "BJB Mesra didesain secara unik bagi masyarakat Jawa Barat yang memerlukan permodalan sampai Rp2 juta dengan angsuran ringan tanpa jaminan dan persyaratan mudah," kata Irfan.

    Persyaratan yang ditetapkan adalah KTP domisili Jabar, surat nikah bila telah menikah, surat rekomendasi pengurus rumah ibadah, mengikuti pelatihan yang diselenggarakan BJB, mempunyai buku tabungan BJB, dan membentuk kelompok maksimum 10 orang.

    "Masyarakat harus berkelompok 5 hingga 10 orang. Ini akan mendapatkan program pelatihan materi pengelolaan keuangan rumah tangga, rencana usaha, dan dinamika kelompok. Melalui pelatihan ini masyarakat akan dapat memahami cara mengelola keuangan secara sederhana dan mudah," ungkapnya.

    Irfan menjelaskan, pelatihan bertujuan agar pinjaman yang diberikan tepat guna yang pada akhirnya berujung pada kesejahteraan masyarakat. Ke depan, BJB akan terus ikut mendukung program pemerintah Pemprov Jabar dalam menggerakkan perekonomian rakyat. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    MQK Cara Jabar Tumbuhkan Minat Baca Kitab Kuning
    Akademi Citarum Tanam Dua Jenis Bambu Endemik
    Ridwan Kamil Launching Desa Digital
    Menag Minta Guru Besar Aktif Wujudkan Keberagaman
    Petahana Diimbau tak Gunakaan Reses untuk Kampanye

    Editorial

      Advertisement On Google