web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Emil: RPJMD Kumpulan Aspirasi Warga Jabar
    juaranews/abdul basir Emil saat memberi sambutan saat Musrembang

    Emil: RPJMD Kumpulan Aspirasi Warga Jabar

    • Selasa, 13 November 2018 | 23:07:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan berbagai program yang tertuang dalam Rencana Pembangunan jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2023 itu merupakan kumpulan dari aspirasi warga.

    "700 program yang saya sampaikan di panggung adalah aspirsai warga. Bukan programnya Pak Ridwan Kamil," ucap Emil seusai menghadiri Musrenbang RPJMD Jabar 2018-2023 di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto Kota Bandung, Selasa (13/11/2018).

    "500 keterwakilan ada 10 profesor, ada doktor, master semua ditampung. Jadi tidak ada istilah tidak terwakili. Ini hanya masalah cara. Forum di sini forum pemaparan dari nasional," tambahnya.

    Emil pun mengungkapkan, akan mencoba memfasilitasi semua gagasan yang datang dari masyarakat termasuk dari Walhi. Dirinya tidak ingin pembangunan yang dilakukan dinilai tidak mengedepankan aspirasi masyarakat.

    "Jadi kalau ada yang kurang-kurang tinggal saya terima, saya masukan nanti kita bahas, enggak ada masalah. Masukan dari Walhi enggak ada masalah, Walhi kan stakeholder juga. Tidak harus dengan cara-cara seperti itu saya kira," ungkapnya.

    Sebelumnya, Walhi Jabar menilai Musrenbang kali ini hanya sebatas pemenuhan tuntutan Undang-Undang yang prakteknya hanya mengakomodir kepentingan pemerintah pusat dan investor, bukan aspirasi masyarakat Jabar.

    Walhi menilai, seharusnya membahas subtansi visi, misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan dalam 5 tahun ke depan. Seperti yang dituangkan dalam rancangan awal RPJMD Jawa Barat 2018-2023. Itu merujuk pada Pasal 263 UU 25 tahun 2004. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    MQK Cara Jabar Tumbuhkan Minat Baca Kitab Kuning
    Akademi Citarum Tanam Dua Jenis Bambu Endemik
    Ridwan Kamil Launching Desa Digital
    Menag Minta Guru Besar Aktif Wujudkan Keberagaman
    Petahana Diimbau tak Gunakaan Reses untuk Kampanye

    Editorial

      Advertisement On Google