web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Pemprov Komitmen Lestarikan Cagar Biosfer Cibodas
    juaranews/abdul basir Iwa Karniwa

    Pemprov Komitmen Lestarikan Cagar Biosfer Cibodas

    • Selasa, 6 November 2018 | 14:09:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar berkomitmen terus menjaga pelestarian Cagar Biosfer Cibodas yang sudah ditetapkan UNESCO sejak tahun 1977.

    Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa saat membuka Rapat Pengelolaan Cagar Biosfer Cibodas dengan tema Branding Produk dan Pemberdayaan Masyarakat Dikawasan Cagar Biosfer Cibodas di Aula Kantor BKPP Wilayah I Provinsi Jawa Barat.

    "Tidak berhenti bersyukur untuk selalu menikmati keindahan alam Jawa Barat, salah satunya Cagae Biosfer Cibodas di kawasan Gunung Gede Pangrango yang telah lama ditetapkan Unesco sebagai cagar biosfer dunia," ucap Iwa, Selasa (6/11/2018).

    Iwa mengatakan, sinergitas kebijakan terus diupayakan Pemprov Jabar untuk menjaga pelestarian Cagar Biosfer Cibodas, salah satunya dengan dibentuk Forum Koordinasi dan Komunikasi Pengelolaan Cagar Biosfer Cibodas.

    Forum ini, lanjut Iwa, mempunyai nilai strategis dalam mencapai satu tujuan bersa, yakni tiga pilar utama dalam konsep Cagar Biosfer. "Pertama, konservasi keanekaragaman hayati. Kedua, jaringan penelitian dan monitoring serta pengembangannya. Ketiga, pembangunan untuk masa depan," ungkapnya.

    Maka Iwa berpendapat bahwa konsep ini sejalan dengan komitmen Pemprov Jabar yang telah menetapkan proporasi kawasan lindungan sebesar 45% dari luas wilayah. "Kebijakan ini memberi rambu hukum yang jelas," tandasnya. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pusat Zakat Umat Fasilitasi Kesehatan di Perbatasan Suriah dan Yordania
    Pemprov Perkuat Program P2WKSS dengan Libatkan Sekoper Cinta dan Kredit Mesra
    Siang dan Malam Hari Ini, Bandung Hujan
    BanMen Hari Ini akan Hadirkan DPKP3
    Bahu Tol Cipularang Kembali Longsor, Jasa Marga Lakukan Rekayasa Lalin

    Editorial