web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Cegah Korupsi, Pemprov Fokus Evaluasi Dana Desa
    juaranews/abdul basir Iwa Karniwa

    Cegah Korupsi, Pemprov Fokus Evaluasi Dana Desa

    • Selasa, 6 November 2018 | 13:55:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan Pemprov Jabar akan memfokuskan evaluasi penggunaan dana desa pada sejumlah titik khusus.

    "Evaluasi penggunaan dana desa untuk mencegah tindak pidana korupsi yang dapat menjerat perangkat pemerintahan desa," ucap Iwa seusai menghadiri raker Banggar DPRD Jabar dengan TPAD Provinsi Jabar, Senin (5/11/2018),.

    Iwa mengatakan, lewat payung hukum dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memungkinkan Dinas Pemberdayaan Masyarat dan Pemerintah Desa Jabar untuk mengawasi serta mengevaluasi penggunaan dana desa.

    “Arahan kita ke depan monitoring dan evaluasi diarahkan ke titik sentral untuk mengurangi kemungkinan terjadinya korupsi,” ungkapnya.

    Menurutnya, evaluasi yang bisa dilakukan dari mulai sistem informasi dan tata kelola perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan secara komputerisasi tapi diikuti dengan pendidikan SDM di dinas tersebut.

    “Jadi kita akan ada lompatan seiring zaman revolusi industri 4.0 ini harus kita terapkan di organisasi yang langsung berhadapan dengan masyarakat desa,” paparnya.

    Pembenahan ini, lanjut Iwa, bagian dari hasil evaluasi program pencegahan korupsi di Pemerintah Provinsi Jawa Barat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu, dari hasil evaluasi KPK, poin Pemprov Jabar berada di angka 67, sementara poin program yang sama untuk 27 kabupaten-kota mencapai 64.

    “Sementara rata-rata nasional 38, artinya kita termasuk relatif lebih baik dibanding daerah lain,” tandasnya (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jokowi Tinjau Program Sambungan Listrik Gratis
    Jokowi Serahkan 257 Sertifikat Tanah Wakah
    Abu Bakar Baasyir Dibebaskan tanpa Syarat
    Itoc Tochija Segera Jalani Sidang
    Ridwan Kamil Ajak Akademisi Lawan Hoaxs

    Editorial

      Advertisement On Google