web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Emil Ingin Jabar Jadi Provinsi Kopi Terbaik Dunia
    juaranews/abdul basir Emil dalam acara Ngopi Saraosna Vol 6

    Emil Ingin Jabar Jadi Provinsi Kopi Terbaik Dunia

    • Sabtu, 13 Oktober 2018 | 07:02:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil berkomitmen mengembangkan potensi komoditas kopi asli Jabar agar bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor.

    Hal itu karena saat ini kopi Jabar merupakan komoditas yang paling dicari masyarakat sehingga perlu adanya pengembembang lebih luas.

    "Jawa Barat karena sejarahnya dulu penghasil kopi, di 5 tahun ke depan harus kita bangkitkan lagi menjadi provinsi kopi terbaik dunia," ujar Emil seusai membuka festival Ngopi Saraona Vol 6 di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat (12/10/2018).

    Emil mengatakan, pertama-tama akan menginput berbagai masalah dan data dari hulu sampai hilir mengenai kopi di Jabar. Dengan demikian, bisa diketahui di bagian mana saja permasalahannya.

    Salah satu upaya untuk membantu mengembangkannya, Emil berencana membentuk Forum Kopi Jawa Barat yang didalamnya diisi petani kopi, pedagang, pegiat, sampai akademisi, untuk membahas permasalahan kopi dan solusinya, dari A sampai Z.

    "Kita akan bikin forum kopi Jawa Barat sehingga mereka yang punya teknologi canggih punya ilmu dadagang hebat, kita kombinasikan sampai ke level petani," tandas Emil.

    "Kemudian juga dengan sistem digital kita pastikan petani kopi bisa menjual langsung sehubingga kesejahteraannya bisa lebih meningkat," sambungnya.

    Emil menargetkan program tersebut akan mulai berjalan dalam waktu 3 tahun. Dia pun akan mendorong pemasaran kopi di Jabar sampai dunia.

    "Dukungan Pemprov Jabar untuk ini akan all out. Kita tahu selama ini demand untuk kopi ini tinggi di dunia. Kuncinya, bagaimana semua pihak sejahtera, mulai dari petani sampai yang punya cafe," katanya.

    Para petani pun, katanya, harus mulai menggarap pemasaran secara online di berbagai pasar online seperti Bukalapak atau Tokopedia. Dengan demikian, pasar internasional akan terbuka lebar. Penjualan online, pengiriman, sampai pengemasan, katanya, sangat berperan penting di sini.

    "Sekarang kopi ini adalah komoditas paling dicari dan menjadi kompetitif adalah sebuah ukuran. Nah, Jawa Barat karena sejarahnya dulu penghasil kopi, lima tahun ke depan harus dibangkitkan lagi menjadi provinsi kopi terbaik dunia," katanya. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    MUI Jabar Berharap Programnya Disinergikan Wapres
    Gerindra Belum Siapkan Kader di Pilkada Jabar
    Pamor akan Daki Gunung di Jawa, Bali, & Lombok
    Revisi UU KPK Hasil Revisi DPR Resmi Berlaku Kamis Ini, BEM SI Gelar Demo Lagi
    UU KPK Hasil Revisi Berlaku Mulai Kamis Ini

    Editorial