web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    ASN, TNI, Polri Diminta Netral pada Pemilu 2019
    juaranews/abdul basir Muradi

    ASN, TNI, Polri Diminta Netral pada Pemilu 2019

    • Jumat, 12 Oktober 2018 | 01:34:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi mengimbau kepada ASN, Polri, TNI untuk netral dalam dalam kontestasi Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

    Hal tersebut dikatakan Muradi saat menghadiri Diskusi Pemilu 2019 bertajuk 'Netralitas ASN, TNI, dan Polri dalam Pemilu 2019' yang di gagas Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia dan Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran (Unpad) di Centropunto Cafe, Jalan Trunojoyo Kota Bandung, Kamis (11/10/2018)

    "Pada diskusi hari ini ingin menegaskan bahwa ASN, TNI, Polri harus dalam posisi netral dalam artian tidak memihak pada salah satu calon pada Pilpres dan Pileg 2019 nanti," tegas Muradi

    Kalaupun terlibat aktif, tandas Muradi, ketiga institusi negara harus membantu kepada penyelenggara KPU, Bawaslu dalam distribusi surat suara kotak suara ataupun membantu saat pemungutan surat suara.

    "Tapi kalau mendukung dan memihak kepada salah satu calon itu menjadi catatan buruk. Hal itu dikarenakan secara politik UU TNI-POLRI dan ASN sudah melarang," ungkapnya.

    Muradi memaparkan, berdasarkan catatan PSPK pada Pemilu 2018, ASN merupakan institusi yang tidak terlalu netral. "Ini adalah salah satu kajian kita serius, karena untuk TNI/Polri punya pakem kalau dilanggar hukumannya bisa dipecat," tutupnya. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Herman Suherman Jabat Plt. Bupati Cianjur
    Gubernur Jabar Sedih dengan Kasus Bupati Cianjur
    Pemprov Jabar Beri
    Bupati Cianjur Mundur dari Ketua Garda NasDem
    Diduga Terima Suap, Bupati Cianjur Ditangkap KPK

    Editorial

      Advertisement On Google