web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kain Nusantara Dipamerkan di Museum Sri Baduga
    juaranews/abdul basir

    Kain Nusantara Dipamerkan di Museum Sri Baduga

    • Selasa, 9 Oktober 2018 | 01:47:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuraNews, Bandung - Dalam memeringati Hari Batik Nasional dan menyambut Hari Museum Indonesia 2018 pada 12 Oktober mendatang, Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar Pameran Kain Nusantara untuk mengenalkan warisan budaya Nusantara.

    Pameran digelar 9-23 Oktober di Museum Sri Baduga, Jalan BKR Kota Bandung tersebut mengangkat tema 'Balut Ragam Adiwasarta Nusantara' yang dihadiri 36 museum di 27 provinsi se-Indonesia

    Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jabar Casmadi mengartakan, pameran merupakan salah satu upaya mengenalkan kain Nusantara kepada masyarakat.

    "Melalaui kegiatan ini diharapkan apresiasi masyarakat terhadap pelestarian warisan budaya semakin meningkat dan lebih mengenal keberagaman Adiwasarta Nusantara sebagai salah satu media pemersatu bangsa," ujar Casmadi saat konferensi pers Press Pameran Bersama Kain nusantara 2018 di Museum Sri Baduga, Senin (8/10/2018).

    Kain yang akan dipamerkan dalam acara ini berjumlah 130 kain dari sejumlah 250 koleksi kain yang masuk ke Panitia. "Ada 250 kain dari panitia dan dianalisis oleh kurator kemudian terpilih 130 kain kategori utama untuk di pamerkan," ujar Casmadi.

    Selain itu, kurator ingin mendapatkan benang merah perkembangan seni tenun kain tersebut dari masa ke masa.

    "Jadi 120 kain tidak masuk kategori utama bukan karena kainnya jelek. Semua kain koleksi museum Nusantara adalah kain kain berkualitas seni yang sangat tinggi. Itu makanya kita memakai tema Adiwastra," jelasnya. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wagub Jabar Pastikan Gelar RUPS BJB November
    Soal Bupati Bekasi, Uu Konsultasi dengan Mendagri
    Jabar Butuh 1.500 Penerbangan untuk Layani Umrah
    Emil Ingin Jabar Jadi Provinsi Kopi Terbaik Dunia
    Ngopi Saraosna Gratis Sambil Nikmat Hiburan
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google