web stats service from statcounter

Hot News

  • Rumah James Riady Digeledah KPK
    Rumah James Riady Digeledah KPK
    • 18 Oktober 2018 | 09:58:00 WIB

    BUNTUT penangkapan Bupati Bekasi oleh KPK, rumah CEO Lippo Group James Riady digeledah lembaga anti rasuah tersebut.

Inspirasi

    Emil Harus Segera Rombak Birokrasi Pemprov Jabar
    net Emil saat serah terima jabatan Gubernur Jabar

    Emil Harus Segera Rombak Birokrasi Pemprov Jabar

    • Selasa, 18 September 2018 | 08:54:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar yang baru Ridwan Kamil dan wakilnya, Uu Ruzhannul Ulum diminta segera melakukan perombakan besar-besaran terhadap struktur birokrasi di Pemprov Jabar, dengan merotasi dan memutasi pejabat struktural, terutama di eselon II, III dan IV.

    Tuntutan dari sejumlah kalangan tersebut disampaikan karena banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jabar yang berpolitik pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 lalu dengan mendukung salah satu pasangan calon (paslon).

    Seorang sumber di Pemprov Jabar yang enggan disebutkan identitasnya, mengungkapkan, selain tidak menunjukkan kinerja yang baik dalam mengelola pemerintahan, oknum-oknum pejabat tersebut berpolitik secara terbuka dengan memanfaatkan program pemerintah, bahkan mengumpulkan dana untuk mendukung salah satu paslon.

    "Hampir semua pejabat, terutama di eselon II integritasnya patut diragukan. Indikasinya cukup kuat, mereka berpolitik ketika Pilgub Jabar lalu, dan mengarahkan dukungan kepada satu atau dua pasangan calon. Dan ini bisa menjadi batu sandungan bagi Kang Emil untuk membangun Jawa Barat, jika tidak segera dilakukan mutasi rotasi," ungkapnya.

    Jika struktur birokrasinya masih seperti saat ini, ASN ini ragu Emil yang dilantik sebagai Gubernur Jabar pada 5 September lalu tersebut akan mampu menjalankan pemerintahan dengan baik.

    "Posisi-posisi kunci banyak dikuasai pejabat-pejabat yang masih loyal kepada pemimpin sebelumnya, dan Ridwan Kamil sebagai pendatang baru di lingkungan Pemprov Jabar akan berat menghadapinya jika tidak segera dilakukan penyegaran, melalui rotasi-mutasi," tandasnya.

    Ketua Umum relawan Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintahan (JPKPemerintahan) Azis Soleh mengamini soal adanya ASN Pemprov Jabar yang berpolitik secara terbuka pada Pilgub lalu tersebut. Aziz mengaku, banyak laporan mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya ASN Pemprov Jabar yang secara terbuka berpolitik mendukung salah satu paslon.

    "Tapi tidak semua ASN berpolitik pada Pilgub Jabar lalu, masih ada kok yang bersikap netral, namun prosentasenya sangat kecil," jelas Aziz, Senin (17/9/2018).

    Dari hasil telaahannya, jelas Azis, aktivfitas politik tersebut semakin nyata dan massif ketika mendekati pelaksanaan pemungutan suara pada 27 Juni lalu. Seperti pencairan hibah bantuan sosial (bansos) mendekati hari pencoblosan, hingga rotasi-mutasi di Dinas Pendidikan terhadap seluruh kepala SMA/SMK yang dilakukan secara mendadak di pagi buta.

    "Banyak bantuan, program bahkan mutasi-rotasi yang dilakukan jelang pencoblosan, dan kami mengindikasikan adanya keberpihakan terhadap salah satu paslon, yang dilakukan sebagian besar ASN di Pemprov Jabar," tegas Aziz.

    Dengan kondisi seperti itu, menurut Azis, solusinya hanya rotasi-mutasi dalam struktur birokrasi Pemprov Jabar. Emil harus melakukan perombakan besar-besaran dan memastikan seluruh ASN di Pemprov Jabar loyal terhadapnya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membangun kondusivitas di lingkungan Pemprov dan memastikan program-program yang telah dirancang Emil dan wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum bisa terwujud.

    "Kang Emil Harus memastikan seluruh ASN di jajaran Pemprov Jabar loyal dan mendukung kepemimpinannya. Terlebih saat ini akan ada momentum Pilpres (Pemilihan Presiden) 2019, yang jika tidak segera dirombak, bukan hal mustahil mereka akan kembali berpolitik secara terbuka mendukung salah satu Paslon. Jika ini dibiarkan akan menjadi bumerang bagi kepemimpinannya," tutup Azis. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Rumah James Riady Digeledah KPK
    Wagub Jabar Pastikan Gelar RUPS BJB November
    Soal Bupati Bekasi, Uu Konsultasi dengan Mendagri
    Jabar Butuh 1.500 Penerbangan untuk Layani Umrah
    Emil Ingin Jabar Jadi Provinsi Kopi Terbaik Dunia
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google