web stats service from statcounter

Hot News

  • Emil Akan Panggil PT Agronesia
    Emil Akan Panggil PT Agronesia
    • 20 September 2018 | 10:04:00 WIB

    GUBERNUR Jabar mengaku tidak mengetahui adanya tunggakan iuran BPJS karyawan PT Agronesia.

Inspirasi

    Selamat Bekerja Gubernur Jabar yang Baru
    net Ridwan-Uu seusai pelantikan

    Selamat Bekerja Gubernur Jabar yang Baru

    • Rabu, 5 September 2018 | 23:43:00 WIB
    • 0 Komentar

    HARI Rabu (5/9/2018) ini, warga Jabar resmi memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru. Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2018-2023 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

    Segudang harapan tentunya dibebankan 46.497.175 juta jiwa penduduk yang tersebar di 27 kabupaten/kota, 625 kecamatan dan 5.899 desa/kelurahan. Tentunya bukan hal mudah bagi pasangan Emil-Uu atau Rindu dalam mewujudkan keinginan dan harapan masyarakat tersebut. Begitu banyak persoalan di Provinsi Jabar ini yang harus diselesaikan dalam 5 tahun ke depan yang selama ini belum dituntaskan pendahulunya, Gubernur Ahmad Heryawan, selama 2 periode menjabat sejak 2008 silam.

    Dari setumpuk persoalan tersebut, ada sejumlah sektor yang secara kasatmata terlihat dan harus segera dibenahi. Beberapa di antaranya adalah kesenjangan ekonomi, rendahnya daya beli, minimnya layanan kesehatan, dan juga belum tersedianya lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Keterbatasan infrastruktur juga menjadi masalah yang banyak dikeluhkan warga.

    Sejuta harapan masyarakat dan segudang tugas tentunya bertumpu di pundak keduanya, terutama sang gubernur terpilih. Provinsi Jabar menanti sentuhan sang arsitek dan ahli tata kota yang karya-karyanya menghiasi sejumlah kota besar di Indonesia. Lulusan Arsitektur ITB ini memang dikenal sebagai ahli tata kota, Surabaya salah satunya yang menikmati sentuhannya hingga menjadi kota yang lebih ramah bagi warganya.

    Sejumlah karya masterpiece-nya pun menghiasi sejumlah kota, di antaranya Rasuna Episentrum di kawasan Kuningan Jakarta dan JSX Tower. Masjid Al Irsyad di Kota Baru Parahyangan, Padalarang Kabupaten Bandung Barat, juga menjadi bukti keahlian lulusan S-2 University of California, Berkeley Amerika Serikat ini, di bidang arsitektur.

    Lalu apa yang bisa dilakukan seorang Ridwan Kamil untuk Jabar selama 5 tahun ke depan saat menjadi Gubernur? Parameternya sebenarnya mudah saja. Warga Jabar tentunya ingat dengan janji-janji Emil-Uu di masa kampanye lalu.

    Dalam kampanyenya, Ridwan banyak mengumbar janji pada warga Jabar, dengan tagline Jabar Juara Lahir dan Batin. Di antaranya Emil akan fokus pada pembangunan infrastruktur, memperbaiki daya beli masyarakat, mengurangi pengangguran, dan perbaikan ekonomi.

    Setidaknya ada 10 janji politik dari pasangan yang diusung koalisi Partai Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura tersebut untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat Jabar, yakni:

    Pertama, Satu Desa, Satu Perusahaan. Menurut Emil, konsep Satu Desa, Satu Perusahaan sangat rasional, urgent, dan efektif dalam mengatasi persoalan kemiskinan di Jabar. Jika langkah tersebut berhasil dilakukan dalam 5 tahun ke depan diyakini persoalan kemiskinan di Jabar dapat diatasi dan mengalami peningkatan yang pesat dan merata di sejumlah daerah.

    Kedua, Ciptakan Satu Destinasi Wisata Baru di Daerah. Setiap kali berkampanye, Emil selalu melirik potensi wisata di kabupaten/kota tersebut. Alasannya, potensi pariwisata akan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah. Bahkan, setiap berkunjung ke daerah beberapa kali Emil selalu membuat sketsa revitalisasi kawasan agar terlihat menjadi lebih menarik. Seperti yang dilakukan di kawasan Waduk Darma, Kabupaten Kuningan; Situ Wangi di Kabupaten Ciamis; Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sumedang; dan masih banyak potensi pariwisata lainnya.

    Ketiga, Pemekaran Daerah. Pemekaran daerah dinilai sebagai salah satu program prioritas saat menjadi gubernur terpilih untuk mengatasi persoalan ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat. Emil menyebutkan, Jabar dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia memiliki persoalan ketimpangan sosial di daerah. Saat ini Jabar baru memiliki 27 kabupaten/kota dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 46 juta jiwa. Dengan kondisi luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar tersebut, Jabar minimal sudah memiliki 40 kabupaten/kota. Salah satu wilayah yang perlu dimekarkan ada di Kabupaten Bogor dengan 3 daerah baru, yakni Kabupaten Bogor Timur, Bogor Barat, dan Bogor Selatan. Juga di Cianjur selatan, Sukabumi, dan Bandung Timur.

    Keempat, Apartemen Buruh di Kawasan Industri. Emil juga menjanjikan akan memperjuangkan apartemen untuk buruh di Jabar. Kebutuhan rumah layak bagi buruh itu untuk memangkas beban biaya transportasi yang selama ini masih cukup besar dihabiskan para pekerja.

    Kelima, Bantuan Kredit Mesra bagi Warga. Persoalan rentenir masih menjadi masalah bagi sebagian masyarakat di wilayah pedesaan. Salah satu janjinya adalah menyediakan fasilitas jaminan Kredit Mesra atau Masjid Sejahtera dengan pinjaman modal usaha yang cukup mudah didapatkan. Program ini sudah dilakukan Emil saat menjadi Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Masyarakat bisa meminjam modal hingga Rp30 juta untuk usaha cukup dengan mendatangi masjid dan meminta surat rekomendasi dari pengurus DKM setempat.

    Keenam, Bantuan Infrastruktur Jalan di Pedesaan. Peningkatan akses infrastruktur jalan akan menjadi salah satu janji kampanye Emil. Bentuk pengerjaannya nanti bisa dilakukan dengan dua cara, yakni bisa Pemprov Jabar yang mengerjakan sendiri karena ada di jalan provinsi, atau Pemprov bisa memberikan bantuan hibah infrastruktur ke pemkab/pemkot dengan memberikan dana.

    Ketujuh, Membentuk Perda Pesantren. Pembuatan Perda Pesantren sebagai bentuk dukungan politik dan untuk membangun Jabar menjadi lebih baik. Dengan adanya Perda Pesantren diharapkan menjadi salah satu perhatian pemerintah provinsi terhadap keberadaan ribuan pesantren di Jabar.

    Kedelapan, Revitalisasi Pasar Tradisional. Emil mengimpikan keberadaan pasar tradisional sebenarnya bisa menjadi potensi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan.

    Kesembilan, Kolaborasikan Program Unggulan Paslon Peserta Pilgub Jabar 2018. Emil berjanji akan mengolaborasikan program unggulan milik pasangan calon (paslon) Pilgub Jabar lainnya saat memimpin Jabar nanti. Seperti program AsyikPrenuer milik pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang menjadi unggulan untuk menciptakan entreprwneur baru di Jabar. Selain itu ada program Molotot.com milik pasangan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah). Kolaborasi program unggulan milik paslon itu akan disusun secara bersama dengan tujuan membawa Provinsi Jabar maju, sejahterah, dan berkeadilan selama lima tahun ke depan.

    Kesepuluh, Mewujudkan Jabar Menjadi Provinsi Termaju di Indonesia. Emil memiliki impian dan harapan untuk membawa Provinsi Jabar Juara dan Termaju di Indonesia pada 2023 mendatang. Sejumlah program pembangunan untuk menyejahterakan masyarakat telah dirancang dan siap dijalankan setelah dirinya dilantik menjadi Gubernur Jabar. Tidak hanya persoalan infrastruktur, pasangan Emil-Uu juga akan membangun sumberdaya manusia (SDM) dalam bidang moral, agama, dan budaya.

    Hasil gambar untuk ridwan kamil-uu ruzhanul ulum dilantik jadi gubernur jabar periode 2018-2023

    Kini setelah Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum yang memperoleh kepercayaan dari 7.226.254 pemilih atau 32,88 persen dalam Pilgub lalu tersebut untuk memimpin Jabar, rakyat berhak bahkan wajib menagih janji keduanya dalam membangun Provinsi Jabar.

    Dengan kekuatan sokongan APBD yang mencapai Rp33,157 triliun (2018) dan dengan pengelolaan yang benar dan bersih, warga Jabar sangat berharap Rindu bisa membawa Jabar ke arah yang lebih baik lagi. Selamat bekerja Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. Selamat melayani rakyat. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Selamat Bekerja Gubernur Jabar yang Baru
    Mari Kita Berkurban
    • Mari Kita Berkurban

      SEKITAR 2,1 miliar umat muslim di seluruh dunia serentak memeringati Hari Raya Idul Adha yang pada 2019 ini jatuh pada hari Rabu Selengkapnya..

      • 22 Agustus 2018
    Dirgahayu Republik Indonesia
    Selamat Memilih
    Selamat Hari Raya Idul Fitri
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 4 12
      2. Chelsea 4 12
      3. Watford 4 12
      4. Manchester City 4 10
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Persib Bandung 22 41
      2 Persija Jakarta 22 36
      3 Bali United 22 36