Pos Indonesia

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Pasar Gedebage Terbakar Lagi, 600 Kios Ludes
    net

    Pasar Gedebage Terbakar Lagi, 600 Kios Ludes

    • Selasa, 4 September 2018 | 03:12:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Kebakaran kembali menimpa Pasar Induk Gedebage, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Senin (3/9/2018) petang hingga malam.

    Akibat kebakaran yang mulai berkobar seitar 16.00 WIB tersebut, diperkirakan 600 kios di 3, 4, 5, dan 6 ludes terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mendapai miliaran rupiah.

    Kebakaran ini bukan yang pertama pada tahun ini. Sebelumnya pada 15 Juli lalu, kebakaran besar juga melanda Pasar Gedebage yang menghanguskan ratusan kios dengan kerugian mencapai Rp5 miliar. Kebakaran kali ini yang juga melanda kios baru yang dibangun pasca kebakaran sebelumnya tersebut diduga dipicu oleh pembakaran sampah di sekitar kios.

    Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Ferdy Ligaswara menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan kebakaran sekira pukul 16.55 WIB. Setelah mendapatkan laporan, petugas mengirimkan 20 unit armada pancar dan rescue. Terdiri atas 7 unit pancar dari Mako Pusat, 1 Unit water tanker, 2 unit pancar UPT Timur, 1 Unit Pancar UPT Selatan, 2 Unit Rescue, 1 Quick Response dan 4 Unit Komando. Juga unit dari Damkar Bandung (Soreang dan Cicalengka) sebanyak 2 unit, 1 unit Damkar KBB, dan 1 unit Bintang Agung.

    Namun proses pemadaman cukup sulit karena seluruh bangunan kios terbuat dari kayu dan beratapkan seng sehingga api cepat membesar dan merambat. Ditambah lagi tiupan angin cukup kencang sehingga menyebabkan api semakin besar. Setelah berjuang selama hampir 2 jam, api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.30 WIB. "Objek yang terbakar Pasar Gedebage Los 3-7 dan Los Auning," kata Ferdy di lokasi kejadian, Senin (3/9/2018) malam.

    Ferdi menjelaskan, saat melakukan pemadaman, petugas melakukan penyekatan dari blok ke blok area kios agar kebakaran tidak meluas. "Luas bagian yang terbakar kurang lebih 600 kios seluas 3.500 m2 (luas perkios 2-3 meter)," jelas Ferdy.

    Berdasarkan keterangan saksi, sebut Ferdy, api sempat terlihat sejak pukul 16.00 WIB yang diduga bermula dari pembakaran sampah. Polisi pun masih melakukan penyelidikan asal mula api, namun dugaan sementara kepolisian api diduga bermula dari los daging. Saat itu, ada pengunjung berteriak api, lalu dipadamkan oleh pedagang, namun api terus membesar. "Diduga api berasal dari pembakaran bulu ayam dari kios ayam," ujarnya.

    Namun Ferdy belum bisa memastikan dugaan pemicu api penyebab kebakaran Pasar Gedebage kali ini karena masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian. "Belum ya. Kami fokus pemadaman karena material bangunan yang mudah terbakar," ujarnya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Resmikan Lembur Tohaga Lodaya Juara, Yana Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan
    Penurunan Kasus Covid-19 Kota Bandung Hasil Pelacakan Secara Massif
    Kabar Baik bagi Pesepeda Gunung Bandung, Pemkot dan Kanhay Wacanakan Garap Lintasan MTB
    Ojol Bandung Bisa Angkut Penumpang, Pemkot Terapkan AKB
    27 Pegawainya Positif Covid-19, Puskesmas di Kota Bandung Tetap Beroperasi
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center
      Buku Wagun
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads