web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pembukaan Asian Games 2018 Meriah
    net

    Pembukaan Asian Games 2018 Meriah

    • Minggu, 19 Agustus 2018 | 00:53:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Perhelatan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018, resmi dibuka Presiden Joko Widodo di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam.

    Opening ceremony multievent 4 tahunan terbesar di Asia ini berlangsung meriah. Jokowi membuka pesta olahraga yang diikuti 45 negara di Asia tersebut didampingi Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al-Fahda Al-Sabah dan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir. Hadir juga dalam pembukaan itu Perdana Menteri Republik Korea, Lee Nak-Yeon.

    Api Asian Games sendiri dinyalakan legenda Bulutangkis Indonesia, Susi Susanti yang sukses meraih emas pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade, yakni pada edisi 1992. Sebelumnya obor Asian Games dibawa secara estafet oleh para mantan atlet peraih medali di event internasional, mulai dari Lany Gumulya, Arief Taufan, Yustedjo Tarik, Supriati Sutono, dan I Gusti Made Oka Sulaksana.

    "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Asian Games ke-18 tahun 2018 saya nyatakan dibuka," ujar Jokowi yang didampingi Wakil Presidne Jusuf Kalla, dalam pidato pembukaannya.

    Jokowi menyatakan, bangga Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, karena ajang 4 tahunan tersebut terakhir kali di dakan di Indonesia pada 1962 silam di Jakarta. "Atas nama seluruh rakyat Indonesia kita bangga, kita merasa terhormat kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara," ucapnya.

    Gelaran Asian Games, kata Jokowi, menunjukkan rasa persaudaraan, rasa persatuan antarnegara di Asia. Seluruh negara yang berprestasi, menurutnya, punya tujuan sama yakni meraih prestasi.

    Pembukaan Asian Games kedua yang digelar di Indonesia setelah tahun 1962 tersebut menampilkan panggung terbesar yang pernah ada dengan berat total 600 ton dan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter. SUGBK disulap menjadi sebuah pulau yang lengkap dengan pengunungan dan air terjun.

    Acara yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI) ini menjadi perayaan terbesar, dengan diwarnai pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih yang dilakukan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibra) layaknya upacara HUT RI yang digelar sehari sebelumnya. Sang Merah Putih ini disandingkan dengan bendera OCA yang akan berkibar hingga penutupan pada 2 September mendatang.

    Acara pembukaan yang diperkirakan ditonton miliaran orang di seluruh dunia dan disaksikan langsung lebih dari 50 ribu orang tersebut, dimeriah 18 artis papan atas Indonesia seperti, Joey Alexander, Anggun, Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon, dan Via Vallen yang menyanyikan them song Asian Games 2018 berjudul Meraih Bintang.

    Pembukaan juga diramaikan dengan tarian Saman, serta sendratari yang diiringi lagu-lagu daerah oleh para artis yang menggambarkan keberagaman budaya bangsa Indonesia. Pertunjukan tersebut menampilkan 3.600 penari dan diiringi oleh ribuan musisi arahan Addie MS dan Ronald Steven.

    Asian Games 2018 mempertandingkan 40 cabang olahraga yang terbagi ke dalam 463 nomor pertandingan. Terdapat 11 ribu atlet yang akan berlaga di ajang ini. Semuanya akan berlomba untuk memperebutkan 465 medali emas.
    Sebanyak 45 negara meramaikan perhelatan dengan slogan 'Energy of Asia' yang menhabiskan anggaran sekitar Rp4,9 triliiun tersebut. Yakni Afghanistan, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, Taiwan, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Irak, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Kuwait, Kirgistan, Laos, Lebanon, Makau, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Korea Utara, Oman, Pakistan, Palestina, Filipina, Qatar, Arab Saudi, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Syria, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, serta Yaman.

    Palestina, meski belum merdeka dan berdaulat, namun diizinkan mengikuti ajang bergengsi ini. Selain karena hubungan baik dengan Indonesia, OCA juga memberi lampu hijau kepada negara yang dijajah Israel itu untuk menjadi peserta Asian Games kali ini. Palestina sendiri hanya menurunkan tim sepak bola putra dan voli pantai putra.

    Selain itu, Republik Korea (Korea Selatan/ Korsel) dan Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara/Korut) berada dalam satu bendera yaitu Korea. Indonesia mengundang kepala Negara kedua negara untuk mengikuti pembukaan Asian Games kali ini. Perdana Menteri Korsel Lee Nak-Yeon hadir mendampini Presiden Jokowi saat peresmian pembukaan, sementara Korut diwakili oleh wakil perdana menterinya, Ri Ryong Nam dan wakil menteri luar negeri Choe Hui Chol.

    Sebagai tuan rumah, Indonesia menjadi yang terbanyak menurunkan atlet. Dalam upacara pengukuhan, Tim Indonesia berjumlah 938 atlet yang akan bertanding di 40 cabang olah raga. Mereka didukung 365 ofisial. Bila ditambah skuat manajemen, tenaga pendukung, dan pelatih, total Tim Indonesia adalah 1.383 orang. Indonesia menargetkan masuk 10 besar, dengan raihan 16-20 emas dari 21 cabang olahraga. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Irfan Suryanegara Pimpin PRUI Jawa Barat
    Ronggeng Gunung akan Hadir di JIM 2018
    Pangandaran Lokasi Jabar International Marathon
    Atalia Dukung Langsung Atlet Asian Para Games 2018
    1.002 Atlet Ikuti Pekan Olaharga Kereta Api
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 PSM Makassar 31 54
      2 Persija Jakarta 30 50
      3 Bhayangkara FC 31 49

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 4 12
      2. Chelsea 4 12
      3. Watford 4 12
      4. Manchester City 4 10
      Tampilkan Detail