web stats service from statcounter

Hot News


Editorial


    Inspirasi


    • Menikah dan Perjuangan
      Menikah dan Perjuangan

      SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

      Gempa Iringi Penyerahan Bantuan Jabar Peduli
      sindonews.com M Iriawan bersama aparat Pemprov NTB

      Gempa Iringi Penyerahan Bantuan Jabar Peduli

      • Sabtu, 11 Agustus 2018 | 10:48:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Mataram - Guncangan gempa berkekuatan 6,2 skala ricter (SR) kembali mengguncang Lombok. Pj Gubernur Jabar Mochamad Iriawan, beserta rombongan yang tengah menyalurkan bantuan secara langsung di kawasan Posko Pusat Bencana Lombok Utara, di RSUD Tanjung Lombok Utara merasakan langsung dahsyatnya guncangan tersebut.

      Kala itu, Iriawan tengah melakukan penyerahan secara simbolis bantuan kepada Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, Kepala Polda NTB Achmat Juri, serta pihak Korem 162/Wira Bhakti, dan juga para relawan di posko pusat bencana tersebut.

      Guncangan yang cukup kuat tersebut menimbulkan gaduh akibat goyangnya bangunan Gedung RSUD Tanjung Lombok Utara. Sejumlah genting, jendela berjatuhan.

      Pj Gubernur Jabar, Direktur Utama Bank bjb, Kapolda NTB, Bupati Lombok Utara, serta pejabat lainnya pun ikut bergeser menghindari bangunan tinggi tersebut. "Ini kembali kita rasakan guncangan gempa, mudah-mudahan ini yang terakhir," ujar Iriawan, Kamis (9/8/2018).

      Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berkekuatan 6,2 skala ricter itu berlokasi di 8.36 LS 116.22 BT atau 6 km barat laut Lombok Utara. Pusat gempa berada di kedalaman 12 km.

      Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya, maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). Dampak gempa bumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG), dan hasil pemodelan menunjukkan tidak berpotensi tsunami.

       

      Pada kesempatan tersebut, Pemprov Jabar sendiri menyerahkan bantuan berupa uang Rp3,5 miliar. Bantuan diserahkan Iriawan dan diterima Sekda NTB Rosiady Husaenie di Kantor Gubernur NTB, Jalan Pejanggik, Kota Mataram.

      Dalam kesempatan itu, Iriawan mengungkapkan keprihatinannya atas bencana gempa bumi yang menimpa Lombok khususnya dan Provinsi NTB umumnya. Tak lupa, Iriawan pun berbelasungkawa atas meninggalnya ratusan warga NTB akibat bencana tersebut.

      Menurut Iriawan, bantuan yang diberikan Pemprov Jabar ini merupakan sumbangsih dari seluruh warga Jabar yang turut merasakan apa yang dirasakan warga Lombok, NTB saat ini.

      "Kami rakyat Jawa Barat ikut merasakan apa yang dirasakan rakyat Lombok khususnya, umumnya NTB," ungkap Iriawan.

      Iriawan berharap, seluruh warga Lombok dan NTB diberikan kesabaran dalam menyikapi dampak bencana gempa bumi 7,0 skala Richter. Menurutnya, bencana ini merupakan kuasa Allah SWT, sehingga seluruh masyarakat yang terdampak hanya bisa menerimanya dengan lapang dada. "Dan tentunya kami ingin Lombok segera bangkit kembali, maju seperti sediakala," tegasnya.

      Dia pun berharap bantuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jabar, dompet peduli bencana, dan masyarakat Jabar tersebut bisa meringankan beban masyarakat terdampak bencana.

      "Setelah kejadian, kami kemudian bergerak semua untuk membantu dan alhamdulillah semua terkumpul Rp3,5 miliar. Kita berikan apa yang didapat dari masyarakat Jabar ini untuk sedikit meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana," pungkasnya. (*)

      den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Hari Kedua Kerja,Pemprov Jabar Gelar Halal Bihalal
      Emil Salat Ied di Gasibu, Open House di Pakuan
      Mudik Gratis, Pemprov Berangkatkan 12.813 Warga
      177 Pejabat Fungsional Pemprov Jabar Dilantik
      Pemprov Jabar Pastikan PNS & Non-PNS Terima THR

      PARLEMENTARIA