web stats service from statcounter

Hot News

  • Buru Kembali Puncak Klasemen
    Buru Kembali Puncak Klasemen
    • 20 Oktober 2018 | 17:01:00 WIB

    PERSIB bertekad meraih poin penuh saat menjamu Persebaya pada laga kandang Pekan 26 Liga 1 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (20/10/2018).

Inspirasi

    Pemkot Luncurkan Inovasi Bandung Smart Card
    juaranews/siti rohmah Srie Dhiandini

    Pemkot Luncurkan Inovasi Bandung Smart Card

    • Sabtu, 11 Agustus 2018 | 09:46:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pemkot Bandung segera meluncurkan kartu pintar, Bandung Smart Card (BSC) untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi, seperti di Transmart Bandung, E-tol, Koperasi Perdagangan dan Pariwisata.

    BSC ini secara resmi akan diluncurkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, bersamaan dengan pencangan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (13/8/2018).

    Kepala Bidang Persandian dan Aplikasi Persadian pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Srie Dhiandini mengungkapkan, berawal dari inspirasi smart city Emil menginginkan Kota Bandung menjadi kota yang pintar.

    Program ini bekerjasama dengan 8 bank dan Bank Indonesia. Di antara bank yung sudah bekerja sama, yakni Bank Jabar Banten (BJB), Bank Wuri, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Central Asia (BCA). Untuk BJB, telah lebih dulu me-launching program BSC ini.

    "Smart city ini merupakan program dari Pak Wali Kota, insya Allah hari Senin (13/8/2018) baru dilakukan PKS (perjanjian kerja sama) antara perbankan dengan Bank Indonesia, dan ada penandatangan pemkot dengan perbankan," Srie dalam acara Bandung Menjawab di Taman Wiranatakusumah, Jalan Aceh Kota Bandung, Kamis (9/8/2018).

    Sri mengungkapkan, ada 2 jenis BSC, yaitu uang elektronik unregister non nasabah dan debit. Menurutnya, uang elektronik berisiko karena jika kehilangan ditanggung pribadi dan dibatasi sampai Rp2 juta jumlahnya. Sementara Debit ada ketentuan syarat berlaku dan biaya dasar tegantung bank.

    "Jadi nanti untuk PKS akan dilakukan oleh Pak RK dengan 8 bank. Tentunya dengan non-tunai banyak manfaatnya, dari segi perencanaan, keamanan, kemudahan, kecepatan, dan resiko juga," tandas Kepala Tim Pengawasan Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Keuangan Inklusi BI Hermawan Novianto didampingi Senior Manager Transaction Banking Divisi Transactiob and International Banking Bank BJB, Iwa Kustiwa

    Hermawan menegaskna, siapapun masyarakat yang berada di Kota Bandung bisa memiliki BSC untuk memudahkan bertransaksi. Untuk saat ini, disedikan sebanyak 250 kartu, namuan jika permintaan dari masyarakat meningkat maka pihaknya akan menambah jumlah kartu. (*)

    Oleh: siti rohmah / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    PR Summit Bandung Kampanyekan #ViralKabarBaik
    Pemkot Kaji Pemberlakukan Sistem Ganjil-Genap
    Kejahatan Marak, Pemkot Bakal Tambah Jumlah CCTV
    Pasar Gedebage Terbakar Lagi, 600 Kios Ludes
    Kota Bandung Raih 2 Penghargaan KDI 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota