web stats service from statcounter

Hot News

  • Buru Kembali Puncak Klasemen
    Buru Kembali Puncak Klasemen
    • 20 Oktober 2018 | 17:01:00 WIB

    PERSIB bertekad meraih poin penuh saat menjamu Persebaya pada laga kandang Pekan 26 Liga 1 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (20/10/2018).

Inspirasi

    Oded: Seni Budaya jadi Daya Tarik Wisatawan
    juaranews/siti rohmah Oded saat meninjau Kampung Kreatif Dago Pojok

    Oded: Seni Budaya jadi Daya Tarik Wisatawan

    • Minggu, 5 Agustus 2018 | 13:50:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta masyarakat terus melestarikan kesenian dan budaya tradisional.

    Karena menurut Oded, kearifan lokal tersebut isa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Bandung.

    "Harus terus dikembangkan, Kota Bandung harus terus maju baik dalam segi seni. Seperti lukisannya termasuk juga budaya dan permainan anak-anak," ujar Oded pada acara opening cermony Festival Seni Rupa Gang di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok, Kota Bandung, Sabtu (4/8/2018).

    Oded mengatakan, ada 3 hal untuk membuat lingkungan Kampung Kreatif Dago Pojok terus berkembang, yakni pertama mejadikan kampung wisata ini sebagai sebuah institusi yang dikelola dengan baik. "Hadirnya lokasi ini salah satu eksistensi dan juga sebagai metamorfosis menjadi kampung yang maju. Maka dari itu promosinya harus gencar," ujar Oded.

    Oded juga menyarankan agar Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok mampu memunculkan bibit unggul dari seni rupa Sunda. Hal ini untuk melanggengkan seni dan budaya Sunda yang menjadi daya tarik wisatawan. Lalu yang ketiga, lingkungan bisa berkembang jika perekonomiannya juga berkembang.

    "Insya Allah jika diterapkan semuanya akan menjadi kampung yang maju dan berhasil," tandasnya.

    Oded pun mengapresiasi usaha warga Dago Pojok dalam menyalurkan bakat seninya dengan mempercantik lingkunga. Dia berharap, Kampung Kreatif Dago Pojok ini bisa menjadi kampung percontohan bagi kampung lainnya yang ada di Kota Bandung.
    "Saya sangat mengapresiasi dan mendukung bagaimana hadirnya kampung kreatif dan ke depannya berharap harus terukur biar jelas dan terlihat perkembangannya," ucapnya.

    Menurut Oded, kampung ini berhasil memberdayakan potensi warganya hingga menjadi daya tarik wisatawan yang bisa mengangkat perekonomian. Oded mengaku takjub dengan usaha warga Dago Pojok dalam menyalurkan bakat seninya dengan mempercantik lingkungannya lewat kreasi seni.

    Festival Seni Rupa Gang sendiri akan berlangsung selama 1 bulan hingga 4 September mendatang. Seniman Rahmat Jabril, penggangas Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok mengungkapkan, niatnya diawali kesadaran warganya terhadap lingkungan dan seni. Warga terus menggali potensi dirinya.

    “Masyakarat di sini perlahan menyadari bahwa seni itu tidak akan jauh dari lingkungannya. Sehingga kita terus berkembang, mulai dari kesenian sampai pariwisata,” ujar Rahmat.

    Dengan memberikan ruang kreativitas, maka eksplorasi masyarakat terus berkembang. Dari mulai melukis, membatik sampai memahat wayang golek menjadi keahlian dan sumber ekonomi yang cukup memadai. (*)

    Oleh: siti rohmah / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    PR Summit Bandung Kampanyekan #ViralKabarBaik
    Pemkot Kaji Pemberlakukan Sistem Ganjil-Genap
    Kejahatan Marak, Pemkot Bakal Tambah Jumlah CCTV
    Pasar Gedebage Terbakar Lagi, 600 Kios Ludes
    Kota Bandung Raih 2 Penghargaan KDI 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota