web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Layanan KA Angkutan Barang Dibuka di Kuala Tanjung
    Istimewa Ilustrasi.

    Layanan KA Angkutan Barang Dibuka di Kuala Tanjung

    JuaraNews, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana membuka layanan KA angkutan barang di Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara. Jalur KA ke pelabuhan sudah disiapkan, termasuk penyelesaian proses pemasangan wesel di Container Yard (CY) pelabuhan dan persinyalan.

    Rencananya, pada akhir bulan Juli ini, jalur tersebut diujicoba untuk dilewati KA. Karena itu, PT KAI pun telah menyiapkan SDM untuk tenaga operasional dan perawatan (maintenance) jalur KA ke pelabuhan Kuala Tanjung.

    “Layanan angkutan barang KAI pun telah terintegrasi antarmoda, khususnya dengan pelabuhan seperti Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Emas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, dan Belawan, Medan. Pada tahun 2017, KAI berhasil mengangkut 40 juta ton angkutan barang. Jumlah ini meningkat dari tahun 2016 dimana KAI mengangkut sebanyak 32,4 juta ton,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

    Selama ini, angkutan barang merupakan salah satu bisnis inti yang dijalankan oleh PT KAI (Persero) baik di Pulau Jawa maupun Sumatera. Angkutan barang dengan kereta api dapat menjadi solusi bagi rantai distribusi logistik nasional.

    Selain mengurangi beban jalan raya, kereta yang beroperasi di jalurnya sendiri membuat angkutan barang menjadi bebas hambatan (cepat), jadwal yang predictable (kepastian waktu), kapasitas angkut yang besar, bebas pungutan liar, aman, berasuransi, terpantau, pembayaran yang mudah, dan ramah lingkungan. Angkutan barang KAI juga memiliki terminal bongkar-muat yang strategis.

    Pada semester I tahun 2018, KAI sudah mengangkut 21,3 juta ton angkutan barang (unaudited). KAI mengangkut berbagai jenis komoditas diantaranya barang retail maupun korporat. Angkutan retail merupakan kerjasama angkutan barang menggunakan sarana Kereta Bagasi dengan ketentuan target angkutan sebesar 20 ton per hari.

    Adapun jenis angkutan retail dibagi menjadi dua yakni Angkutan Barang Hantaran Paket (BHP) yaitu angkutan cargo dengan muatan 20 ton per Kereta Bagasi yang dapat dirangkaikan ke KA penumpang kelas eksekutif/bisnis/ekonomi.

    Keunggulan angkutan ini dapat menyesuaikan waktu dengan perjalanan angkutan penumpang. Sedangkan Angkutan Parcel merupakan angkutan dengan muatan cargo menggunakan satu set rangkaian KA dengan kapasitas sekali jalan dapat menarik sebesar 360 ton untuk relasi Jakarta s.d. Surabaya dengan waktu tempuh hanya 13 jam.

    Angkutan korporat merupakan kerjasama angkutan barang menggunakan 1 rangkaian KA dengan target minimum muatan sebesar 800 ton sekali jalan. Komoditas untuk angkutan ini seperti angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM), Peti Kemas, Batu Bara, Crude Palm Oil (CPO), Semen dan Multikomoditas (angkutan besi baja). Adapun keunggulan angkutan korporat ini dapat mengangkut volume angkutan yang besar sehingga biaya logistik lebih efisien.

    Untuk meningkatkan kinerja angkutan barang, KAI pun telah melakukan berbagai program pada tahun 2018. Di sisi sarana antara lain: KAI menggunakan Gerbong Ketel (GK) untuk angkutan BBM 40 Ton untuk relasi Benteng-Malang dan Benteng-Madiun; Penggunaan kontainer Open Side untuk angkutan batubara PT BA relasi Tanjungenimbaru-Kertapati; dan modifikasi gerbong KKBW (Gerbong Terbuka) untuk angkutan klinker di Sumatera Barat.

    Sedangkan di sisi prasarana, beberapa program yang dilakukan antara lain: pembangunan jalur KA dan pengoperasian KA dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei; Pembangunan CY untuk bongkar muat batubara di Sumatera Selatan seperti di Simpang, Banjarsari, dan Kramasan; Pembangunan tempat bongkar muat (CY) di Jawa antara lain Ronggowarsito, Cibungur, dan Klari.

    Tak hanya itu, untuk kemudahan layanan angkutan barang, KAI pun telah menghadirkan portal angkutan barang yakni https://cargo.kai.id/ yang menjadi salah satu media dalam memberikan informasi dan gambaran angkutan barang KAI. KAI pun telah membuat sistem informasi angkutan barang (SIBARKA) yang berbasis web. Inovasi akan tetap digalakkan agar KA barang semakin memberikan dampat positif yang besar bagi rantai angkutan barang nasional.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pengiriman Gratis Bantuan ke Lombok Membeludak
    Berikan Peluang Usaha,KNPI Gelar Pelatihan Barista
    HUT ke-73 RI, PT KAI Tawarkan Tarif Promo Rp73.000
    PD Pasar dan BSM Siap Bantu Permodalan Pedagang
    DFSK Gebrak GIIAS 2018 dengan SUV Terbaru
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.