ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Tekan Inflasi, TPID Jabar Gelar Pasar Murah
    JuaraNews/Abdul Basir

    Tekan Inflasi, TPID Jabar Gelar Pasar Murah

    JuaraNews, Bandung - Sebagai upaya menjaga stabilitas harga kebutuhan seperti telur dan ayam ras, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jabar bersama Bank Indonesia dan bank bjb menggelar bazar pasar murah di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Bandung, Jalan Arjuna, Kota Bandung, Senin (23/7/2018).

    Analis Senior Divisi Pengembangan Ekonomi KPwBI Jabar, Achmad P Subarkah mengatakan, kegiatan bazar tersebut merupakan salah satu upaya Pemprov Jabar melakukan pengendalian harga kebutuhan masyarakat dan menekan inflasi di Jabar, khususnya untuk komoditas telur ayam yang dalam beberapa pekan terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan.

    "Kita melihat latar belakangnya secara historis biasanya harga telur dan ayam setelah Idul Fitri turun. Ini kok setelah Idul Fitri masih merangkak naik," ujar Achmad.

    Achmad mengatakan, pelaksanaan bazar dan pasar murah dilakukan di dua lokasi, di Bandung dan Pasar Ujungberung. Tujuan akhir dari bazar murah tersebut ialah turunnya infalasi di Jabar.

    "Ini enggak ada (subsidi), karena kita tidak langsung dari distributornya. Maksudnya dari pengusahanya, kita memotong mata rantai. Itu yang menyebabkan harganya murah dibandingkan harga di pasar," kata Achmad.

    Dia menambahkan, berdasarkan pemantauan harga pada Portal Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) TPID Jabar bersumber dari tujuh kota, kedua komoditas tersebut terpantau merangkak naik sejak Juni 2018.

    "Memang ada kebutuhan yang banyak dari masyarakat, karena dekat dengan Idul Adha. Ada selamatan-selamatan juga di masyarakat. Jadi kebutuhannya masih banyak," jelas Achmad.(*)

    Oleh: abdul basir / fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dorong Ketahanan Pangan Pascapandemi Covid-19, Gubernur Serahkan Bantuan Puluhan Ribu Bibit Ternak
    Perkuat Tenaga Kurir, Bukti Pos Indonesia Serius Garap Bisnis Kiriman
    Ridwan Kamil Gandeng Ade Londok untuk Promosikan Kuliner Jabar
    1 Juta UMKM Jabar Dapat Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro
    Pengamat: Pemulihan Ekonomi Nasional Butuh Dukungan dari Pemerintah Daerah
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads