ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Eka Setiawan Jalankan Tugas Bupati Sumedang
    net Wakil Bupati Sumedang Eka Setiawan

    Eka Setiawan Jalankan Tugas Bupati Sumedang

    JuaraNews, Sumedang – Wakil Bupati Sumedang Eka Setiawan memastikan roda pemerintahan di Kabupaten Sumedang tetap berjalan seperti biasa pascaditahannya Bupati Sumedang Ade Irawan oleh penyidik Kejaksanaan Tinggi (Kejati) Jabar dan dititipkan di LP Sukamiskin, Jumat (27/3/2015) siang.

    Eka pun menegaskan akan tetap menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan publik di Sumedang dengan sebaik-baiknya.

    “Sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, saya akan melaksanakan semua tugas Pak Bupati dengan sebaik-baiknya,” kata Eka, Jumat (27/3/2015).

    Eka sendiri mengaaku terkejut mendengar kabar ditahannya Bupati Ade Irawan. Die juga sedih dan ikut prihatin dengan penahanan tersebut. “Kami di pemerintahan dan mewakili semua masyarakat Sumedang akan mendoakan keselamatan Pak Bupati. Semoga Pak Bupati tetap tabah, sabar dan tawakal menghadapinya,” tutur Eka.

    Sekretaris Komisi A DPRD Sumedang Ermi Triaji mengatakan, roda pemerintahan dan pelayanan publik, akan tetap berjalan karena kini sudah ada wakil bupati. Wabup Eka akan melaksanakan tugas-tugas bupati sampai ada keputusan hukum tetap dari pengadilan.

    “Apakah statusnya nanti sebagai Plt (pelaksana tugas) atau bukan? kami akan mengkaji dan menelaah lebih mendalam aturan dan perundang-undangannya,” kata Ermi.

    Sementara itu, saat dimintai tanggapannya soal kekosomgan jabatan bupati di Sumedang, Gubernur Jabar  Ahmad Heryawan mengatakan hal tersebut sudah ada aturan hukumnya. Karena itu DPRD dan Pemkab Sumedang tinggal melaksanaknnya  "Itu urusan yang gampang. Ada mekanismenya," ujar Aher di Hotel Savoy Homann, Bandung, Jumat (27/3/2915).

    Berdasarkan UU No 8/2015 tentang Pemilu Kepala Daerah, bila masa jabatan bupati tersisa lebih dari 18 bulan sejak keputusan hukum yang inkrach, maka wabup secara otomatis naik menjadi bupati. Sebaliknya jika kurang dari 18 bulan, maka wabup tetap menjadi Plt (pelaksana tugas) sampai akhir masa jabatannya.

    Aher sendiri tak mau mencampuri urusan hukum yang menerpa Ade Irawan. Hal tersebut di luar kewenangannya sebagai gubernur, tapi sudah masuk wilayah hukum. Menurutnya, penahanan Ade oleh Kejati Jabar sepenuhnya soal hukum. "Itu wilayah hukum bukan wilayah pemerintahan lagi. Karena itu wilayahnya hukum, tentu saja, kami menyerahkan sepenuhnya (masalah Ade) kepada penegak para hukum," katanya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    BKPM Dukung Akselerasi Pemulihan Ekonomi Jabar
    Kualitas SDM dan Infrastruktur Jadi Daya Tarik Jabar di Sektor Investasi
    Ketua Kadin Jabar Siap Dorong Pemulihan Ekonomi Ditengah Pandemi
    Kalobarasi Jadi Kunci Kuatkan UMKM di Tengah Pandemi
    TNI Manunggal Membangun Desa Wujudkan Mimpi jadi Kenyataan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads