web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Proyek Bendungan Leuwikeris Paket 1 Sudah 30%
    Istimewa Areal pembangunan bendungan Leuwikeris.

    Proyek Bendungan Leuwikeris Paket 1 Sudah 30%

    JuaraNews, Ciamis - Pj Gubernur Jabar, Mochamad Iriawan mengatakan, sejauh ini pembangunan bendungan Leuwikeris sudah mencapai 30%.

    Hal itu diungkapkankan setelah sebelumnya meninjau secara langsung proyek pembangunan Bendungan Leuwikeris Paket 1 di Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Kamis (19/7/2018) kemarin.

    "Sebetulnya on the track, tidak ada masalah, sehingga saya memastikan ada hambatan atau tidak. Sementara ada gugatan-gugatan dari masyarakat masalah tanah itu wajar, sedang dalam proses perdata di pengadilan. Sejauh ini tidak ada hambatan. Ada masalah sosial lainnya tentunya akan diselesaikan secara persuasif oleh unsur terkait," jelas Iriawan.

    Bendungan ini akan memiliki terowongan sepanjang 1.500 meter untuk mengalirkan air bendungan. Iriawan mengungkapkan pihaknya akan segera mengadakan pertemuan dengan para pihak terkait penlok (penentuan lokasi).

    Secara administratif, lokasi bendungan ini terletak diantara dua administratif pemerintahan, yakni Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya. Leuwikeris ini sangat strategis, karena akan digunakan untuk mengairi sawah atau irigasi di Lakbok Utara 6.600 ha dan Lakbok Manganti 4.616 ha, sumber air baku sebesar 845 liter/detik untuk masyarakat Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis.

    Selain itu, juga untuk pengendali banjir, pembangkit listrik 2x10 MW, hingga pariwisata. Progres pengerjaan bendungan dengan luas genangan 242 ha ini sudah dilakukan sejak November 2016 dan ditargetkan selesai Maret 2021 dengan menelan anggaran hingga Rp1,9 triliun lebih.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Rumah James Riady Digeledah KPK
    Wagub Jabar Pastikan Gelar RUPS BJB November
    Soal Bupati Bekasi, Uu Konsultasi dengan Mendagri
    Jabar Butuh 1.500 Penerbangan untuk Layani Umrah
    Emil Ingin Jabar Jadi Provinsi Kopi Terbaik Dunia
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google