web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Pemprov Upayakan Perpanjangan Runway Wiriadinata
    istimewa/humas pemprov jabar Iriawan di lokasi pembangunan Bandara Wiriadinata

    Pemprov Upayakan Perpanjangan Runway Wiriadinata

    JuaraNews,Bandung - Pemprov Jabar saat ini tengah membantu perpanjangan runway Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya agar bisa digunakan pendaratan pesawat berbadan besar.

    Untuk itu, Iriawan mengaku akan mengajukan permohonan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) soal perpanjangan runway Bandara Wiriadinata.

    "Idealnya 2.500 (meter) untuk Airbus atau pesawat jet untuk bisa mendarat di sini. Kita (Pemprov Jabar) akan coba ajukan ke Kemenhub untuk bisa segera ditindaklanjuti mengenai perpanjangannya di Bandara Wiriadinata," ujar Penjabat Gubernur Jabar Mochamad Iriawan saat berkunjung ke Bandara Wiriadinata, Kamis (19/7/2018).

    Meski begitu, kata Iriawan, saat ini proses pembangunan run way sudah mencapai 1.400 meter. Sehingga nantinya panjang run way yang dimiliki Bandara Wiriadinata bertambah menjadi 1.600 meter.

    "Jadi nanti 1.600 meter, dengan harapan bisa dilewati oleh pesawat ART secara khusus, nantinya kita akan coba untuk diperpanjang lagi minimal 300 jadi 1.900," ucapnya

    Selain itu, akses pendukung seperti tempat penumpang atau airport, menurutnya saat ini juga sedang dalam proses pembuatan lebih luas lagi, yang nantinya akan disilmultankan dengan perpanjangan runway.

    "Nantinya dapat menampung penumpang dari Priangan karena ini membuka Jabar Selatan secara khususnya bisa dari Garut, Ciamis, Pangandaran dan dari Tasik sendiri. Mungkin dari Cilacap juga," kata Iriawan.

    Sementara itu, rute penerbangan Bandara Wiriadinata akan melayani arah Tasikmalaya- Jakarta dan Bandung. Namun kemungkinan juga bisa melayani rute lain, seperti Jakarta (Halim Perdanakusuma), Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.

    "Penumpang dari Tasikmalaya ini luar biasa. Bagaimana pun pakai kendaraan darat, saya dikawal tadi hampir 3 jam, tetap saja terjadi ada kemacetan dan penumpukan kendaraan. Nanti apabila BIJB sudah ada pasti kita buka," imbuhnya

    Untuk anggaran pembangunan runway, menurut Iriawan, Menteri Perhubungan sudah menganggarkan dana sekitar Rp30 miliar.

    "Kalau nanti mungkin lebih ya karena ada lampu sekitar Rp15 miliar. Belum lagi nanti perpanjangan yang 300 tambah 600 jadi 2.500, tentunya ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Nanti FS-nya akan segera ditindaklanjuti kemudian kita akan buat RAB untuk kita ajukan ke pemerintah pusat," tutupnya. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Samsat Online Nasional Kini Mulai Berlaku di Jabar
    Sengketa Pilpres di MK Diputuskan 27 Juni
    Gramedia Merdeka Hadir dengan Gedung Terbaru
    Sekda Jabar Paparkan Perkembangan Tol Cisumdawu
    Emil Ajak Syarikat Islam Bangun Ekonomi Keumatan

    Editorial