web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Semua Parpol Penuhi Syarat Kuota Perempuan 30%
    net Gedu DPRD Jabar di Jalan Diponegoro Kota Bandung

    Semua Parpol Penuhi Syarat Kuota Perempuan 30%

    JuaraNews, Bandung - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jabar mencatat seluruh partai poltik (parpol) telah memenuhi kuota keterwakilan perempuan sebesar 30 persen untuk bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

    Koordinator Divisi Sosialisasi Bawaslu Jabar Lolly Suhenty mengatakan, partai yang memenuhi kuota tertinggi adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 40 persen, disusul Partai Persatuan Indonesia (40 persen), dan Partai Demokrat (39,17 persen).

    "Ketiga partai ini terbesar, karena mendaftarkan calegnya sesuai kuota maksimal, yakni 120 orang," ujar Lolly saat konferensi pers Hasil Pengawasan Pendaftaran Bacaleg Provinsi Jabar di Kantor Bawaslu Jabar, Jalan Turangga Kota Bandung, Rabu (18/7/2018).

    Selanjutnya, ada Partai Nasional Demokrat (Nasem) dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 38,33 persen. Kemudian Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang kuota keterwakilan perempuannya mencapai 37,50 persen.

    Sedangkan, untuk PKB dan Perindo dari 120 orang yang didaftarkan sebagai bacaleg, 48 di antaranya perempuan. Sementara, jumlah caleg perempuan yang didaftarkan Demokrat berselisih satu dari kedua partai tersebut.

    Lolly mengungkapkan, dari parpol yang tak memenuhi kuota maksimal, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) memiliki jumlah tertinggi untuk keterwakilan perempuan dengan angka 53,13 persen, dari 32 bacaleg yang didaftarkan ke KPU. Kemudian, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 40,98 persen, dari 61 bacaleg. Dan Partai Garuda sebanyak 40,74 persen, dengan jumlah bacaleg 27 orang.

    "Secara garis besar, untuk keterwakilan perempuan partai politik bisa memenuhi. Dengan ini menunjukkan komitmen partai politik terhadap keterwakilan perempuan di parlemen," ucapnya

    Lolly menambahkan, seluruh parpol menyatakan tidak ada kesulitan dalam memenuhi kuota keterwakilan kaum hawa yang akan maju sebagai legislator Jabar, karena mengklaim memiliki proses kaderisasi yang baik.

    "Di tingkat kabupaten/kota, seluruhnya dapat memenuhi kuota keterwakilan perempuan. Ini adalah potret baik dari partai politik," tutupnya. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Atalia: Cegah Hoaks dengan T-H-I-N-K
    Di Bekasi, Bunga Telang Disulap jadi Kerajinan
    Atalia Ajak Kader PKK Sukseskan Program Kampung KB
    Ini Dia Pemenang Piala Humas Jabar 2019
    Pemprov Luncurkan Jabar Open Data

    Editorial