web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Cekungan Bandung bakal Jadi Perkotaan Kelas Dunia
    juaranews/abdul basir Sosialiasi Pepres 45/2018

    Cekungan Bandung bakal Jadi Perkotaan Kelas Dunia

    JuaraNews, Bandung - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) melaksanakan acara Sosialisasi Peraturan Presiden (Perpes) No 45 tahun 2018 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung.

    Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Abdul Kamarzuki mengatakan visi dari sosialisasi Perpres No 45/2018 tersebut adalah pengendalian.

    "Mengingat dari sifat pengendalian itulah, perlu ada keseimbangan antara kebutuhan ekonomi dan juga pengendalian," kata Abdul Kamarzuki di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (17/7/2018).

    Karena itu, kata Marzuki, kawasan Cekungan Bandung direncanakan akan dibuat sebuah kawasan perkotaan berkelas dunia sebagai pusat kebudayaan, pariwisata, jasa ekonomi kreatif, dan pendidikan.

    "Di situ ada perguruan tinggi, ada informasi dan teknologi (IT), ada pusat jasa ekonomi, sehingga wisatawan kalau sedang weekend atau sedang libur, Bandung bisa nyaman," ucapnya

    Mengingat kawasan perkotaan Cekungan Bandung merupakan pegunungan, dan kawasan terbangunnya terletak pada daerah berupa cekungan yang memiliki keterbatasan fisik dalam pengembangannya, maka perlu pengaturan tata ruang.

    Kawasan Cekungan Bandung seluas 349.750 ha delineasinya berada di 2 kota, yakni Kota Bandung dan Cimahi; dan 3 kabupaten yakni Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Sumedang. Dengan jumlah penduduk mencapai 8,07 juta jiwa per tahun 2017.

    Selain itu, kawasan perkotaan Cekungan Bandung mempunyai 3 peran utama di tingkat nasional, yaitu peran ekonomi, peran lingkungan melalui konservasi air dan tanah, serta peran perkotaan untuk menahan urban spratul, melalui konsep pembagian peran dan fungsi kota inti dan juga kota disekitarnya melalui pengembangan compact city.

    "Melalui Perpres ini, diharapkan kawasan perkotaan Cekungan Bandung akan semakin berkembang sektor perekonomiannya, dengan tetap menjaga keharmonisan melalui tata ruang," tandasnya. (*)

    Oleh: abdul basir / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Emil Jual Baju untuk Sumbang Gempa Lombok
    Pemkot Tingkatkan Sosialisasi Stop Ngebut di Jalan
    Cegah Penyebaran Narkoba, BNN Gelar Sosialisasi
    Oded Bertekad Jadikan Bandung Bebas Sampah
    Emil bakal Bawa Beberes Bandung jadi Beberes Jabar
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018