web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

      DPRD: Biaya Pendidikan Idealnya Rp5 Juta per Tahun
      juaranews/abdul basir Syamsul Bachri

      DPRD: Biaya Pendidikan Idealnya Rp5 Juta per Tahun

      JuaraNews, Bandung - Ketua Komisi V DPRD Jabar Syamsul Bachri mengatakan biaya pendidikan di Jabar yang disubsidi pemerintah idealnya minimal Rp5 juta setiap siswa per tahun.

      Saat ini, kata Syamsul, pemerintah baik pusat maupun daerah baru bisa memberikan bantuan pendidikan hanya sekitar Rp1,9 per siswa per tahun yang berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Menengah Pendidikan Universal (BPMU)

      "Saya tidak bisa merinci secara detail biayanya untuk apa, tapi minimal untuk biaya pendidikan supaya memenuhi persyaratan rasionalnya Rp5 juta per tahun. Saat ini, pemerintah pusat dan Jawa Barat baru bisa membantu dari BOS dan BPMU," kata Syamsul saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (17/7/2018).

      Menurutnya, dana BOS yang dialirkan pemerintah pusat sebesar Rp1,4 juta per siswa per tahun, sedang dana BPMU dari Pemprov Jabar sebesar Rp 500 ribu per tahun. "Maka sekolah itu berdasarkan kesepakatan di tingkat internal Pemerintah di bantu setiap orang dengan istilah bantuan Dana Sumbangan Pendidikan (DSP)" ucapanya

      Syamsul menambahkan, besaran DSP sebesar Rp100 ribu sampai Rp200 ribu masih belum menutupi kekurangan. Karena ituharus ada pemangkasan program yang ada untuk menutupi semuanya. "Itu akan kami upayakan," ucapnya.

      Syamsul juga mengatakan kuota 20 persen untuk anggaran pendidikan masih belum cukup memenuhi kebutuhan pendidikan siswa. "Masih kurang sinkron, penggunaannya kurang maksimal, 20 persen itu termasuk anggaran gaji dan anggaran itu bukan APBD Jabar," tutup Syamsul. (*)

      Oleh: abdul basir / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Terkait


      Berita Lainnya


      Budidaya Ikan Tawar Tingkatkan Perekonomian
      OPD Cermati Proses Pelaksanaan Program Kegiatan
      Reses Harus Bebas Unsur Kampanye
      DPRD Jabar Sahkan Perda Kewirausahaan Daerah
      30% Pemilih Jabar Belum Tahu Tata Cara Pencoblosan

      Gedung Sate


      • Humas Jabar Luncurkan Program Japri
        Humas Jabar Luncurkan Program Japri

        HUMAS Jabar meluncurkan program dialog publik bertajuk Jabar Punya Informasi (Japri) di Area Taman Barat Gedung Sate, Kamis (27/09/2018).