web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Tingkat Kepercayaan Warga kepada Polri Meningkat
    JuaraNews/Abdul Basir Kapolda Jabar Agung Budi Maryoto.

    Tingkat Kepercayaan Warga kepada Polri Meningkat

    JuaraNews, Bandung - Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, dalam tiga tahun terakhir tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian mengalami peningkatan.

    Hal itu disampaikan Agung saat membacakan pidato sambutan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat peringatan Hari Bhayangkara Ke-72 di Ballroom Sudirman, Kota Bandung, Rabu (11/7/2018). Dikatakan Agung, meningkatnya kepercayaan masyarakat bukan klaim semata, tapi berdasarkan hasil survei beberapa lembaga.

    "Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri mengalami pencapaian luar biasa. Ini berdasarkan dari capaian berbagai lembaga survei," ujar Agung.

    Agung menjelaskan raihan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak yang telah membantu kinerja Polri dalam melakukan pengamanan serta menciptakan kondusifitas di Indonesia.

    "Kami menyadari ke depan Polri berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan kinerja agar kepercayaan masyarakat terus terjaga dan meningkat. Karena institusi Polri milik seluruh rakyat dan aset bangsa Indonesia yang tercinta," ucapnya.

    Lebih lanjut agung menjelaskan, dari hasil survei pada 2016 yang dilakukan Litbang Kompas, tingkat kepercayaan terhadap Polri hanya mencapai 63,2%. Jumlah tersebut meningkat pada 2017 yakni 67% berdasarkan survei Populis Center.

    Pada survei yang dirilis Mei 2018 oleh Litbang Kompas dan Populis Center menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada polisi ada di angka 78%. Hal ini, kata Agung, menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja kepolisian trennya naik atau kian positif.

    "Dan terakhir Litbang Kompas pada Juni 2018, 82,9%. Hasil ini mengindikasikan 82,9% warga negara Indonesia percaya pada Polri, tertinggi sejak era reformasi," kata dia.

    Tak hanya dari sisi pelayanan terhadap publik, penilaian baik juga muncul dari otoritas pemerintah pusat. Polri mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak lima kali berturut-turut sejak tahun 2013-2017.

    Kemudian penilaian indeks reformasi birokrasi Polri dari Kemenpan RB memberi nilai 73,65 atau predikat BB. Penilaian Akuntabilitas Kinerja Pemerintah dari Kemenpan RB dengan nilai 72,11 atau BB.

    "Hasil survei tidak hanya datang dari dalam negeri namun juga dari dunia internasional, sebuah lembaga papan atas dari US, melalui 2018 Global Force Survei yang menganggap bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-9 negara teraman di dunia," katanya.(*)

    Oleh: abdul basir / fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    BFMJ:Langkah Penggantian Komisaris BJB Sudah Tepat
    Sandi Minta Relawan Kerja Keras dan Kerja Cerdas
    Emil: RPJMD Kumpulan Aspirasi Warga Jabar
    Walhi Jabar Nilai Musrenbang RPJMD Cacat Subtansi
    Jabar Pererat Kerja Sama dengan Wallonia
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google