KPU Jabar Optismistis Tak Ada Gugatan ke MK
JuaraNews/Abdul Basir Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat.

KPU Jabar Optismistis Tak Ada Gugatan ke MK

JuaraNews, Bandung - KPU Jabar optimistis tidak akan ada pihak yang melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) pasca-pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Sesuai aturan, hasil penghitungan suara bisa digugat ke MK bila selisihnya paling banyak 1%.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Pilgub Jabar Tahun 2018.

“Selisih antara pemenang pertama dan kedua kan sekitar 4,1%. Jadi menurut undang-undang sudah tidak ada lagi celah untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi. Tidak ada peluang bagi paslon untuk mempersoalkan hasil,” kata Yayat seperti dilansir Pojoksatu.id.

Yayat mengatakan, usai penetapan pemenang Pilgub Jabar, KPU akan mengumumkan hasil tersebut kepada publik. Jika anggaran lebih, pihaknya juga akan mempergunakan media massa untuk mempublikasikan.

“Kami akan umumkan ke publik hasil ini selama tujuh hari berturut-turut lewat website kami. Kalau ada anggaran kita umumkan ke publik lewat media massa,” tandas Yayat.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Jabar, pasangan nomor urut satu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) unggul dengan memperoleh 7.226.254 suara (32,88%). Pasangan nomor urut dua, Tb Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) mengantongi 2.773.078 suara (12,62%).

Sementara pasangan nomor urut tiga, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) 6.317.465 suara (28,74%). Kemudian pasangan nomor urut empat Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Deddy-Dedi) 5.663.198 suara (25,77%).(*)

fan

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Ini Pemenang Pilkada Serentak 2018 di Jabar
KPU Jabar Optismistis Tak Ada Gugatan ke MK
Partisipasi Pemilih Meriah, KPU KBB Semringah
Hengky Banjir Ucapan Selamat di Antaranya dari SBY
Cabup KBB Nomor Urut Satu Elin, Tunggu Hasil KPU
Berita Terdahulu

Data Statik Covid-19


DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

Editorial